Profil

Wakil Rektor III UIN : OPAK Tidak Boleh Anarkis

Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal. Sumber: zuhri noviandi

AcehGemilang | Banda Aceh – Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Syamsul Rijal menegaskan pelaksanaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) tidak boleh dilakukan dengan kekerasan.

Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal. Sumber: zuhri noviandi
Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal. Foto: zuhri noviandi

Kepada Acehgemilang.com, Syamsul kemarin, (29/8) mengatakan pelaksanaan OPAK yang dilakukan setiap tahunnya itu harus dilakukan dengan tertib.

“Kita sudah sampaikan kepada panitia untuk memberikan orientasi kepada mahasiswa baru (Maba) dengan tertib dan tidak  ada yang menggunakan kekerasan,” ujarnya.

Anggota MPU Aceh ini menegaskan, bagi panitia yang terbukti melakukan kekerasan kepada Maba, akan diberi sangsi tegas. hal itu dikarenakan bisa mencemarkan nama baik almamater UIN.

“Seharusnya kan (mahasiswa) senior ini memberikan pengetahuan dan nilai-nilai positif. Jadi memang mencerminkan seorang pemuda pemudi penerus bangsa yang mengeri tentang tri darma perguruan tinggi,” jelas Warek.

Semenjak dua tahun lalu pemerintah mahasiswa UIN mulai mengganti sistem orientasinya untuk Maba. Dari dulunya terkenal dengan kekerasan, menjadi sistem yang mengedepankan pengetahuan dan pengenalan tentang kampus.

AR