Olahraga

Makin Oke, Timnas U-19 Redam Perlawanan Valencia B

Foto: Okezone.com

Aceh Gemilang – Hasil lebih baik didapat Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di laga kedua tur Spanyol. Setelah kalah 1-2 dari Atletico Madrid B, kini Evan Dimas dkk bermain imbang dengan Valencia B. Lebih dahulu tertinggal, namun anak didik Indra Sjafri berhasil menyamakan kedudukan sebelum turun minum melalui kerja sama cantik Septian David-Evan Dimas.

Kali ini Timnas bermain lebih baik dalam membendung serangan lawan, tembok kokoh yang dikomandoi oleh Hansamu Yama nyaris tak tembus pada paruh kedua. Namun perbaikan harus dilakukan khususnya dalam hal penguasaan bola.

Foto: Okezone.com
Foto: Okezone.com



Jalannya Pertandingan
Babak pertama


Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri merotasi beberapa pemainnya menghadapi Valencia. Di tengah ia memainkan Ichsan Kurniawan menggantikan Hargianto.  Pun sama di lini depan, Muchlis Hadi dan Maldini Pali digantikan oleh Dimas Drajad dan Septian David Maulana.

10 menit babak pertama berjalan, Indonesia yang mengenakan baju celana merah-merah mampu mengimbangi skuad Los Che muda di Stadion Ciudad Deportiva de Paterna.

Castillejo! Hampir saja Indonesia tertinggal lebih dahulu di menit 13 ini. Beruntung Ravi Murdianto masih dapat menepis tendangan Castillejo yang menyambar crossing mendatar rekannya. Peringatan untuk pertahanan Indonesia.

Benar saja, pertahanan Indonesia dengan mudahnya ditembus para pemain Valencia untuk mencetak gol di menit 15. Berawal dari bola lambung kepada Ebu, Putu Gede tak dapat meraihnya dan Ebu mengirim bola ke dalam kotak penalti yang kali ini dikonversi Castillejo dengan baik. 1-0 Valencia unggul.

Memasuki menit ke-22. Evan Dimas dkk tampak sulit mengambil alih penguasaan bola, dan kesulitan merebut bola dari kaki para pemain Valencia. Tiga pemain di lini depan Indonesia pun turut membantu pertahanan dengan mundur ke second line atau garis tengah.

Evan Dimas! Akhirnya Indonesia mampu menyamakan kedudukan di menit 36 melalui skema serangan balik. Kapten Indonesia ini mengambil bola dari kaki lawan di lini tengah dan memberikan bola melebar ke kanan, kepada Septian David Maulana. 

Septian mencoba merangsek ke dalam kotak penalti, dan melihat Evan Dimas masuk dari lini kedua, ia lalu memberikan bola dan Evan Dimas mengkonversinya menjadi gol. 1-1 Indonesia menyamakan kedudukan sekaligus mengakhiri babak pertama.

Babak kedua

Indra Sjafri melakukan pergantian pemain pertama pada laga ini lima menit babak kedua berjalan, Dimas Drajad yang tak tampil optimal ditarik keluar dan digantikan oleh Dinan Javier. Penguasaan bola masih menjadi milik tuan rumah, dan Timnas sesekali memberikan tekanan.

Tempo pertandingan pada 10 menit pertama babak kedua cenderung menurun. Evan Dimas dkk terlihat lebih banyak menunggu dan menjaga rapat barisan pertahanan mereka. Hal ini membuat Los Che harus memutar otak untuk masuk ke kotak penalti Timnas.

Sahrul Kurniawan nyaris membuat Garuda Jaya berbalik unggul pada menit 69 andai ia dapat menyambut umpan Evan Dimas memanfaatkan tendangan bebas. Kedua tim nyaris bermain dengan pola yang sama saat menguasai bola, bedanya Timnas kerap melakukan kesalahan saat membangun serangan.

 Belum ada peluang yang berbahaya dari kedua tim hingga menit 75. Los Che masih mendominasi penguasaan bola dengan bermain secara kolektif, begitu juga dengan Timnas yang bertahan dengan kolektivitas tim.

Lima menit menjelang berakhirnya pertandingan pada waktu normal.  Patut dicatat kali ini Timnas bermain lebih baik dalam hal keseimbangan tim, jika dibanding pada pertandingan sebelumnya kontra Altetico Madrid B. 

Lagi skema serangan balik cepat Timnas mengancam gawang tuan rumah di menit 88, Dinan berlari tak terkawal setelah menerima umpan jauh dari lini ketiga Indonesia. Berhadapan langsung one-on-one dengan kiper lawan, namun sepakan kaki kirinya masih dapat di tepis Ferri, kiper Los Che. Wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor akhir 1-1.

Susunan Pemain:  

Valencia B: 1. Alex Sanchez (Ferri 46’), 2. Serge Leuko, 3. Rulo, 4. Juan Carlos (Ariano 66’), 5. Sergio Ayala (Nacho Vidal 33’), 6. Jorge Munoz, 7. Genis, 8. Javi Perez, 9. Castillejo, 10. Farisato, 11. Ebu

Indonesia U-19: 
1. Ravi Murdianto , 2. Putu Gede(Albar 58’), 13. Sahrul Kurniawan, 16. Hansamu Yama, 14. Ricki Fajrin, 6. Evan Dimas (Irfandi 82’), 17. Paulo Sitanggang (Hargianto 73’) , 24. Ichsan Kurniawan (Sandi 73’), 29. Septian David (Maldini 60’), 7. Dimas Drajad (Dinan 50’), 20. Ilham Udin

Sumber: Okezone.com

Tags