Inspirasi Organisasi

Bahasa di dunia, di 7 peta dan grafik

Ketujuh peta dan grafik, divisualisasikan oleh The Washington Post, akan membantu Anda memahami bagaimana beragam bahasa lain di dunia dalam berbahasa.

1. Beberapa benua memiliki lebih banyak bahasa daripada negara lain

imrs

Tidak semua benua yang memiliki beragam  dalam jumlah bahasa . Sedangkan Asia memimpin dengan statistik 2.301 bahasa, diikuti Afrika dengan 2.138.

Ada sekitar 1.300 bahasa di Pasifik, dan 1.064 di Selatan dan Amerika Utara. Eropa, meskipun banyak Negara,dalam bangsa, adalah di bagian bawah kemasan dengan hanya 286 bahasa.

2. Ini ada beberapa bahasa dengan paling  banyak penutur asli

imrs-1

Cina memiliki penutur asli  yang lebih banyak daripada bahasa lain, diikuti oleh Hindia dan Urdu, yang memiliki asal-usul bahasa yang sama di India utara. Inggris datang berikutnya dengan 527.000.000 penutur asli. Arab digunakan oleh hampir 100 juta penutur asli lebih dari bahasa Spanyol.

Angka-angka yang menarik karena mencerminkan fakta bahwa dua-pertiga dari populasi dunia saham hanya 12 bahasa asli. Angka-angka baru-baru ini diterbitkan oleh University of Düsseldorf Ulrich Amon, yang melakukan penelitian 15 tahun silam.

Nomornya mengejutkan, dibandingkan dengan yang ditampilkan dalam Factbook CIA. Menurut CIA, Spanyol dituturkan oleh 4,85 persen dari populasi dunia dan penggunaannya lebih luas daripada bahasa Inggris, yang dituturkan oleh 4,83 persen. Namun, angka CIA hanya mencakup bahasa Ibu yang pertama. Banyak orang yang menggunakan dua bahasa, sementara Spanyol menggunakan bahasa pertama mereka, bahasa Inggris bisa menjadi salah satu kedua mereka. Amon menghitung kedua pembicara bahasa pertama dan kedua.

Jumlah penutur Portugis lebih kecil dari sumber lain menyarankan karena tidak semua Bangsa Brasil adalah penutur asli. Beberapa yang mungkin juga akan mengejutkan bahwa Korea atau Punjabi tidak muncul dalam daftar: Memang, keduanya hampir sama banyak digunakan sebagai Italia.

3.Peta ini menunjukkan negara-negara yang paling beragam ragam bahasa nya

Keanekaragaman Greenberg Indeks

Probabilitas bahwa dua orang yang dipilih secara acak di sebuah negara berbahasa bahasa ibu yang berbeda. Nilai tertinggi adalah 100, yang artinya setiap orang di negeri ini berbicara bahasa ibu yang berbeda. Papua Nugini memegang posisi teratas, dengan 98,8.

Sebagai visualisasi kami, keanekaragaman indeks Greenberg  menunjukkan, Amerika Serikat ini tidak beragam bahasa seperti banyak negara lain. Jika Anda secara acak memilih dua orang di Kamerun, misalnya, ada kemungkinan 97 persen bahwa mereka akan memiliki bahasa ibu yang berbeda. Di Amerika Serikat, hanya ada kemungkinan 33 persen bahwa ini akan terjadi. Anda bisa klik pada berbagai negara ditampilkan dalam peta di atas. untuk mengetahui bagaimana Amerika Serikat membandingkan dengan negara-negara lain.

4. Banyak bahasa populer digunakan di lebih dari satu Negaraimrs-2

5. Bahasa Inggris secara luas digunakan sebagai bahasa resmi

Alasan mengapa Bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol adalah salah bahasa di dunia yang paling luas berakar di masa lalu kekaisaran bangsa-bangsa di mana mereka berasal.

Namun, apakah suatu negara memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa resminya mengatakan sedikit tentang bagaimana warganya benar-benar berkomunikasi dengan satu sama lain. Di beberapa negara disorot di atas, hanya minoritas kecil belajar bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

6. Namun demikian, sebagian besar bahasa digunakan hanya oleh segelintir orang. Itu sebabnya sekitar setengah dari bahasa di dunia akan hilang di akhir abad ini

imrs-3

Sekitar 3 persen dari populasi dunia menyumbang 96 persen dari semua bahasa yang dipakai saat ini. terlepas dari semua bahasa di dunia, 2.000 memiliki kurang dari 1.000 penutur asli.

Oleh karena itu, menurut perkiraan UNESCO, yang kita divisualisasikan dalam peta di atas, Sekitar setengah dari bahasa yang diucapkan di dunia akan hilang pada akhir abad ini. anda dapat meng klik pada peta untuk memperbesar.

Kepunahan bahasa akan memukul beberapa negara dan wilayah lebih k dari orang lain.

Di Amerika Serikat, bahasa yang terancam punah terutama terletak di sepanjang pantai Barat, serta dalam pemesanan dari masyarakat adat di Barat tengah.

Secara global, hutan  Amazon, sub-Sahara Afrika, Oceania, Australia dan Asia Tenggara akan kehilangan paling banyak bahasa.

7. Bagan ini menunjukkan berapa banyak orang belajar bahasa  di seluruh dunia

imrs-4

Sedangkan bahasa Inggris tertinggal dalam jumlah penutur asli, itu adalah jauh bahasa yang paling umum mempelajari dunia. Secara keseluruhan, lebih banyak orang belajar bahasa Inggris daripada Perancis, Spanyol, Italia, Jepang, Jerman dan Cina yang dikombinasikan.     Beberapa bahasa hanya baru-baru saja mendapat perhatian: Jumlah perguruan tinggi AS yang mengajarkan Cina telah meningkat 110 persen antara tahun 1990 dan 2013, membuat bahasa lebih mudah diakses. Selama waktu yang sama, jumlah yang ditawarkan kursus perguruan tinggi Rusia menurun 30 persen.

Beberapa kemampuan bahasa bisa lebih berharga daripada yang lain. Jika Anda dapat berbicara dalam bahasa Jerman, Amerika bisa mendapatkan $ 128,000 ekstra sepanjang karir mereka, menurut MIT ilmuwan Albert Saiz. Setidaknya pendapatan, Jerman lebih bernilai dua kali lipat dari Perancis dan hampir tiga kali lipat Spanyol.

Sumber: www.washingtonpost.com

Di Sadur dan Diterjemahkan Oleh: Ferry Badley/acehgemilang.com

FB_IMG_1430049396312