Inspirasi Profil

Sufri, Owner The Student Kupi Akhirnya Peroleh Gelar Sarjana

Tgk Sufri,Owner The Student Coffe

Acehgemilang.com– Usaha tak kenal lelah begitulah pepatahnya, belajar tak boleh menyerah. Kalimat itulah yang pantas disematkan kepada  Muhammad Sufri, pria kelahiran Buloh Blang Ara kabupaten Aceh Utara. Meski terbilang lama, namun tekadnya untuk menyelesaikan kuliah patut diacungi jempol. Saat ditanyai mengapa baru menyelesaikan kuliah di tahun terakhir ia mengatakan setiap orang memiliki cita-cita dan prioritas berbeda-beda namun kegigihan dan semangat untuk mencapai setiap target itu harus selalu ada.

“Setiap orang memiliki target yang berbeda ya, seperti saya ini memperoleh gelar sarjana setelah 7 tahun lamanya. Ya, namun begitu cara saya ini tidak dapat dibenarkan, jika teman-teman mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu, dan mampu mengelola usaha-usaha yang lain itu sangat luar biasa” akunya.

Sebagaimana diketahui, pria yang akrab disapa Sufri ini menikah muda saat masih semester 6 di bangku perkuliahan, dan telah berhasil mengelola beberapa usaha. diantaranya The Student Kupi, Ibnunourhas Publishing, Aceh Gemilang Tour and Travel, Rumoh Cetak Aceh yang bergerak dibidang percetakan dan telah beberapa kali mencetak buku berbagai kampus di Aceh dan juga mengelola website www.acehtravelers.com serta menjadi Tourguide di Banda Aceh.

Selain itu, sosok yang dikenal ramah dan mudah bergaul ini juga pernah mewakili Aceh di lomba pidato antar Negara se Asia Tenggara di Brunei Darussalam dan Jambore Nasional Bahasa dan Sastra di cibubur 2011 akhir.

Selain itu, dia juga pernah dinobatkan sebagai Mahasiswa Teladan Aceh pada tahun 2011 serta Mahasiswa Teladan Kampus UIN Ar-Raniry saat alihstatus IAIN menjadi UIN 2013 lalu. Pernah berkiprah sebagai fasilitator saaat penandatanganan MoU antara Pascasarjana UIN Ar-Raniry dengan KUIS Malaysia dan juga Seminar Internasional baik yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry maupun di Kolej University Islam Antar Bangsa Selangor (KUIS) Malaysia.

Di kalangan Aktivist Mahasiswa, dia juga kerap disapa ‘Pak Gub’, karena pernah menjabat sebagai Gubernur Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry periode 2013-2014.  Meski sekarang tidak lagi aktif di Dunia Pergerakan kampus, Sosok yang religius ini aktif sebagai staff khusus Anggta DPD RI Senator Fachrul Razi, MIP.

Baru-baru ini, beliau juga baru saja mengikuti Konferensi Asian Consultation towards Inclusive, Peaceful, and Prosperous Local and Global Communities, yang dilaksanakan oleh Asian Muslim Action Network (AMAN) International Bangkok dari tanggal 30 sampai 31 juli 2016.

Saat ditanya apa rencana selanjutnya, dengan yakin ia menjawab akan melanjutkan kuliah lagi. “Sekarang saya sedang apply beasiswa, insyaa Allah akan melanjutkan study S2. Mohon doa dari teman-teman sekalian, semoga Allah mudahkan jalannya” tutup Sufri. (*)