Opini Senator Fachrul Razi, M.IP

5 Hal Yang Menjadikanmu Mahasiswa Abadi

 

Acehgemilang.com, sebagai seorang mahasiswa mungkin tidak asing dengan mapala. Namun yang akan kita bahas kali ini bukan tentang Mahasiswa Pecinta Alam atau sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Judika yang berjudul “Mama Papa Larang”, mapala yang dimaksud adalah Mahasiswa Paling Lama atau yang biasa disebut Mahasiswa Abadi.

Fenomena ini bukan baru-baru ini saja terjadi, mungkin sudah ada sejak kakek nenek kita kuliah dulu.  Hal ini bisa menyerang siapa saja dan tidak kenal pandang bulu, baik itu mahasiswa yang pandai ataupun yang kaya raya bergelimang harta sekalipun. Akan tetapi kita bisa mencegahnya dengan mengetahui gejala-gejala yang harus dihindari sejak dini. Beberapa penyebab di bawah ini akan membantu kita untuk mencegah hal itu terjadi.

 

  1. Bantal

Buat anda yang memiliki hobi tidur, maka bantal adalah faktor utama yang dapat membuat kuliah  menjadi terbengkalai. Ditambah lagi dengan suasana ruangan yang nyaman dan udara yang sejuk membuat benda ini menjadi sahabat terbaik sekaligus lawan terberat anda.

  1. Komik

Mungkin untuk beberapa orang akan memandang sebelah mata bagian ini. Namun kenyataannya banyak dari kita yang terjebak dengan keindahan negeri dongeng yang ditampilkan pada sebuah komik. Saat ini untuk mendapatkan barang ini tidaklah sulit, kita dapat meminjamnya di persewaan yang biasanya tersedia di sekitar kampus sehingga tidak harus membeli komik baru. Hal inilah yang membuat kita semakin mudah tergoda dan bergabung bersama deretan mahasiswa abadi.

 

  1. Game

Dota, PES, Fifa, CoC, mungkin sudah tidak lagi asing di telinga kita. Beberapa nama tersebut adalah judul permainan yang sering dimainkan oleh mahasiswa terutama cowok. Tidak ada salahnya untuk memainkan permainan tersebut apabila hanya untuk me-refresh otak kita dari tugas kuliah yang menumpuk. Seringkali kita lupa akan hiruk pikuk dunia ketika telah asik dengan permainan yang sedang kita mainkan. Bahkan bagi sebagian orang ada yang rela untuk menghabiskan waktunya di depan layar untuk sekedar bermain. Ada baiknya jika kita dapat membagi waktu antara bermain dan belajar.

  1. Pacar

Sering kita mendengar pepatah “orang pacaran itu dunia berasa milik berdua, yang lain ngontrak” atau “cinta itu buta”. Kedua pepatah itu mungkin ada benarnya untuk kita. Saking cintanya kita sama pacar kita sampai-sampai bikin kita buta akan semuanya. Hari-hari yang dilalui berasa seperti FTV, kemana-mana selalu berdua bahkan mungkin yang tadinya beda kelas pun bisa jadi satu. Hal ini yang seharusnya diwaspadai oleh mahasiswa saat ini. Seharusnya sosok seorang pacar itu harus saling mendukung dan membuat kita semakin termotivasi untuk dapat memberikan prestasi yang lebih baik.

 

5.Uang

            Uang dapat melancarkan segala sesuatu, namun uang juga dapat menjadi penghambat seorang mahasiswa dalam mencari ilmu. sebagian mahasiswa mungkin telah dapat berfikir tentang perjuangan orang tua untuk mendapatkan uang demi membiayai kuliah anaknya, namun untuk sebagian mahasiswa lainnya dengan kelebihan materi yang didapat seringkali menyalahgunakannya. Dengan uang kita dapat membeli sebuah kebahagiaan sesaat, namun tidak dapat menentukan masa depan kita. Sebaiknya kita lebih dapat mengontrol pengeluaran bulanan kita sebagai pelajaran dikemudian hari.

Menjadi seorang mahasiswa tidaklah harus menjadi lulusan tercepat, namun yang terpenting adalah dapat lulus tepat waktu dan ilmu yang didapat dan berguna bagi negara ini. Semoga beberapa penyebab tersebut dapat menjadi pelajaran untuk mencegah kita menyandang status Mahasiswa Abadi.

 

 

Tentang Penulis

theleader

Tambahkan komentar

Klik di sini untuk memberi komentar

%d blogger menyukai ini: