Inspirasi

Armi Arija Gerakkan Kelompok Tani Pemuda Mandiri di Bener Meriah

Armi Arija Gerakkan Kelompok Tani Pemuda Mandiri di Bener Meriah

ACEHGEMILANG.COM – Namanya Armi arija, tinggal di kampung uning Bersah kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah merupakan alumnus fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas Malikussaleh lhokseumawe. Pemuda kelahiran 1992tersebut dikenal memiliki semangat, motivasi dan komitmen yang tinggi, hal ini terlihat dari semangat kuliah yang tinggi meski berasal dari keluarga petani hingga lulus kuliah.

Saat ini armi sedang berupaya menggerakan pemuda yang ada dikampungnya yang berprofesi sebagai petani untuk berhimpun dalam sebuah kelompok pemuda yang diberi nama “taruna mude Mandiri” yang merupakan sebuah kelompok tani dan kelompok usaha bersama, dimana para anggotanya adalah pemuda setempat.

Menurutnya langkah ini ia lakukan ketika melihat banyak pemuda yang tidak memiliki kesibukan, dimana hanya menghabiskan waktu dengan sia-sia, selain itu ada juga sebagian pemuda yang beraktifitas dalam usaha dimana yang dominan itu usaha tani holtikultura. Nah melihat kondisi ini armi berinisiatif untuk menghimpun mereka baik yang tidak memiliki kesibukan dengan mereka yang aktif bercocok tanam  untuk bergabung bersama dalam kelompok ini.

.
Armi  juga merupakan mahasiswa pascasarjana, saat ini memilih non aktif sebab terkendala biaya, menuturkan bahwa tujuan dari membentuk kelompok  mengatakan bahwa lewat kelompok ini diharapkan mampu melakukan upaya yang bisa membawa dan memberdayakan anggotanya memiliki kekuatan mandiri secara ekonomi yang menerapkan inovasi, teknis, tentu dengan pendampingam dari pihak terkait, dan yang paling pokok adalah semangat kegotong royonganya.

.
“Keberadaan kelompok tani juga diharapkan akan mampu memanfaatkan azas skala ekonomi dan mampu menghadapi resiko usaha, sehingga anggota memperoleh tingkat pendapatan dan kesejahteraan yang layak. “Untuk pengembangan kelompok, kami berharap agar pihak terkait dapat memberikan pendampingan dan pengajaran mengenai pertanian dan peternakan.

Saat ini kelompok taruna mude  mandiri dalam usaha tani/ternak sedang mempersiapkan usaha penggemukan sapi, serta budidaya tanaman kentang, dan kesemuanya mudah-mudahan dapat terwujud.

Armi melanjutkan bahwa hal ini tumbuh karena memang  merupakan bentuk tanggung jawab bagi masyarakat ketika keluar dari kampus, ia juga berprinsip bahwa ini adalah ladang pengapdian setelah mengecam ilmu didunia pendidikan, demikian Armi.