Inspirasi

Berawal di 3Ap1 dan Kenangan Tak Terduga

Berawal di 3Ap1 dan Kenangan Tak Terduga

oleh Yolla Haryati R

ACEH GEMILANG.COM  | Putih abu-abu terakhir di kelas 3Ap1. Beberapa test yang aku ikuti untuk melanjutkan pendidikan setelah tamat dari SMK. Berawal aku mengikuti test P3Nusantara Yogyakarta yang datang ke sekolah. P3N ini sekolah kepramugarian yang di undang pihak sekolah, dan aku salah satu terpilih dari 5 orang yang mengikuti test sebagai utusan dari 3Ap1 untuk mengikuti test dan lulus disetiap tahap test. Begitu banyak teman-teman yang mengikuti test dan lebih pinrar dari aku, tidak menyangka aku salah satu yang lulus.

Test kedua, Aku mengikuti test masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN yang diikuti seluruh siswa di sekolah ku. Aku mengikuti semua intruksi dari guru BP untuk memilih 2 Universitas (Universiras Andalas di padang dan Univerairas Malikussaleh di Aceh Utara) dan 4 Jurusan (2 Manajemen, Ilmu Adminstrasi Negara, dan psikologi). Berkeinginan untuk tidak melanjutkan ketingkat selanjutnya, aku memilih Kampus dan Jurusan sesuka hati dan tidak memikirkan kemampuan yang aku miliki. Tidak lama kemudian test Bidiknisi (beasiswa untuk siswa tidak mampu dan berprestasi) diserankan Guru BP untuk peringkat kelas 1-15 dan salah satunya termasuk aku. Semua persyaratan aku penuhi dari tuntutan Guru BP untuk memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi. Berakhir aku lulus di Universitas Malikussaleh dengan Jurusan Ilmu Adminiatrasi Negara dan di ikuti lulus Penerimaan Bidiknisi. Jujur aku tidak ada niat untuk kuliah, yang aku inginkan kerja setelah tamat di 3Ap1 ini. Tetapi Ketua Jurusan dan Guru BP mengundang Ibu ku untuk diberikan penjelasan tentang SNMPTN dan Bidikmisi, karena ibu tidak mengizinkan untuk kuliah jauh dari dia dan tidak memiliki keluarga di Aceh. Sampai Ketua Jurusan dan Guru BP datang ke rumah untuk menyampaikan pesan Kepala Sekolah bawasannya ‘Jika tidak menerima SNMPTN ini, sekolah digugurkan untuk penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi UNIMAL hingga 5 tahun mendatang’, dan dengan bujukkan Guru teralsebut, ibu memperbolehkan aku melanjutkan pendidikan disana.
Tepi ada satu hal lagi..

Yang ketiga, Aku di hubungi oleh salah seorang kariawan PT POS Kota Pariaman untuk maggang setelah tamat di 3Ap1, karena aku pernah PKL selama 3 bulan dan mendapatkan nilai sangat memuaskan di PT POS sewaktu aku di kelas 2Ap1 yang merupakan Tugas wajib untuk dilakukan karna aku sekolah kejuruan.
Tercapai keinginan untuk kerja setalah tamat dan sangat ingin bekerja..

Dari ketiga keberuntungan ini dan satu keinginan yang tercapai, aku memilih untuk mengikuti perkataan orang tua dan berusaha menerima rezeki yang tidak semua orang yang mendaptkannya untuk melanjutkan pendidikan di perguruantinggi dan mwndapatkan beasiswa pemerinrah di UNIMAL. Sempat sesal karna membuang kesempatan kerja setamat sekolah, tetapi ini adalah jalan hidup yang di berikan Allah yang tak terduga. Hingga saat ini aku tinggal menunggu beberapa hari lagi untuk Sidang Akhir Perkuliahan di Universitas Malikussaleh dengan Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan insya allah hari Senin, 05 Juni 207 masa pendidikan kuliahku mencapai 3.8 tahun.

tentang Penulis

Nama : Yolla Haryati R
Ttp      : Pariaman, 22 Juli 1994
Alamat : Jln Bukit indah, simpang len, lorong Meta FC, Lhokseumawe
Perguruan tinggi : Universitas Malikussaleh
Jurusan : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Tahun akademik : 2013
Alumni Sekolah Pemimpin Muda Aceh Bireuen