Profil

SAHABAT KHIANAT ANTARA DOA DAN HARAPAN

SAHABAT  KHIANAT

ANTARA

DOA DAN HARAPAN

Karya : AZHARI  Alumni SPMA Bireuen

               Ketua Gema aneuk muda nanggroe aceh

ACEHGEMILANG.COM – Sejarah Kehidupan Ini Bermacam-Macam Yang Kita Lalui Yang Tak Hentinya Kita Di Uji Dengan Bermacam Persoalan Dan Permasalahan Baik Dalam Pergaulan Dan Kehidupan,Jadi Kita Juga Harus Menjadi Orang Yang Bijak Dalam Menilai Segala Sesuatu. Termasuk Menilai Diri Kita Sendiri, Mungkin Teman-Teman, Sahabat Atau Pacar Meninggalkan Atau Menghianati Karena Kita Tidak Bisa Berubah Dari Waktu Ke Waktu Seperti Yang Mereka Harapkan.Tapi Kebayaan Di Antara Kita Saling Menyalahkan Ketika Hasra Yang Dia Inginkan Tidak Tercapai Sesuai Keinginan Dan Cepat Memvonis Orang Lain Salah Sehingga Cepat Terjadi Perpecahan Dan Permusuhan ,Dari Kesekian Perjalanan Ini Kita Sudah Melihat Bermcam Dinamika Dan Kasus Sehingga Kita Harus Lebih Hati-Hati Dalam Menjalani Persahabatan Karena Kunci Permusuhan Akan Selalu Ada Ketika Dia Sudah Pandai Bermain Dan Mengkhianati Teman Sendiri Dulu Satu Perjuangan Demi Kepentigan Dan Keinginan Semua Di Korbankan Tampa Pertimbagan Kemasa Akan Datang Namun Yang Harus Kita Ketahuai Kita Saling Membutuhkan Harus Saling Mendukung Untuk Kemajuan.

Sehingga Sukses Bersama Lebih Indah Kepada Masa Akan Datang Namun Hari Ini Orang Yang Kita Ajarkan Dan Kita Besarkaan Jadi Bumerang Bagi Guru Yang Mengajarkaan Inilah Kata Pematah Aceh ‘’Lage Leumo Ta Peutigoh Lammen’’ Tapi Itu Bukan Masalah Namun Itulah Anugerah Terindah Yang Allah Berikan Bagi Kita Sehingga Awal Di Korbankan Jadi Pelajaran Dari Pada Lebih Kita Percaya Jadi Pumerang Bagikan Kepiting Dua Darat , Namun Setiap Persoalan Adalah Ajang Kedewasaan Dan Ketelitian Kita Dalam Berbaur Sesama,  Sehingga Benar Dan Sesuai Apa Yang Di Ajarkan Dalam Kita-Kitab Tentang Adab Berkawan Itu Harus Di Implimentasikan Dalaam Kehidupan Alngkah Ini Semua Harus Kita Introveksi Diri, Mana Benar Dan Salah Sehingga Setiap Ajang Dan Menjalinkan Kerja Sama Harus Lebih Bijak Memberikan Kepercayaan Pada Orang Lain Sehingga Tidak Termakan Harta Dan Hati.

Yang Harus Kita Ketahui Sebenarnya Penghianatan Itu Banyak Versinya. Entah Itu Dari Sahabat, Teman, Pacar, Suami, Istri, Saudara, Tetangga, Rekan Kerja Dimanapun Bisa Saja Terjadi. Bijaksanalah Dalam Membangun Relasi Dan Yang Terpenting ‘Tetaplah Menjadi Orang Baik’. Dan Jaganlah Dendam Antar Sesama Tapi Majulah Kedepan Masih Ada Orang Baik Yang Bisa Kita Percaya Dan Kita Ajarkan Sehingga Tidak Terjerumus Dalam Sumur Yang Sama, Kita doakan agar mareka insfaf dan kembali pada jalan yang benar.

Kita Harus mendIngat Juga Yang Bahwa Tak Ada Satu Orangpun Dapat Dipercaya Kecuali Diri Anda Sendiri didunia ini illa pada orang tua kita ’ Ungkapan Ini Tepat. Karena Sedekat Apapun Kita Dengan Orang, Mereka Tetaplah Orang Lain. Lihat Saja, Anak Kembar Yang Lahir Bersamaan Dari Satu Rahim, Punya Wajah Sangat Mirip, Hobby Yang Sama, Kemanapun Sama-Sama Tapi Soal Urusan Dalamnya Hati Tak Mungkin Pernah Sama..Karena Hati Setiap Orang Itu Berbeda. Apalagi Kita Dengan Orang Yang Tak Ada Hubungan Apa-Apa Sebelumnya. Jadi, Dalam Menjalani Relasi Dengan Orang Lain Sedapatnya Menjaga  Jarak Wajar Tapi Tetaplah Menjadi Sahabat, Teman, Pacar Yang Loyal Dan Saling Perhatian. Ada Hal Yang Perlu Di Bagi Bersama, Bagikanlah! Jika Terlalu Privasi, Simpanlah Untuk Diri Sendiri! Karena Setiap Hari Tak Akan Pernah Sama Dan Mungkin Suatu Hari Nanti Suatu Penghianatan Bisa Saja Terjadi Lagi Ini Perlu Di Tegaskan Dalam Prinsip Masing-Masing Bayak Orang Yang Tertipu Dari Kata Dan Paras Wajah Yang Dia Tontonkan Seolah Benar Padahal Tujuan Dan Strategi Sudah Di Atur Untuk Meruntuhkan Sesama Bukan Saling Membesarkan Sesama Bagi Yang Bersahabat Yang Harus Di Ingat Bahwa Saat Sudah Tidak Nyaman Kalau Tidak Bisa Jadi Madu Jagan Jadi Susu Kalau Tidak Bisa Membantu Jangan Menganggu Ini Harus Di Sampaikan Pada Awal-Awal Langkah Kehidupan Besama.

Sering Kita Baca :

Penghianat Berawal Dari Watak Penjilat.
Penjilat Berawal Dari Watak Penjahat.
Penjahat Berawal Dari Watak Sekarat.
Jadi, Penghianat Akan Sekarat Dunia Akhirat.

Setiap Orang Yang Sudah Merasakan Akan Lebih Sedih,Kecewa Dan Merana Orang Kepercayaan Itu Tega Melakukan Pada Orang Yang Di Bantu Namun Inilah Hidup Yang Harus Iklas Dan Berjalan Menebar Seyum Dan Kedamain Agar Hidup Tentram Dunia Akhirat. Allah SWT Berfirman  “Wa Laa Tujadil ‘Anilladzina Yahtanuna Anfusahum, Innalllaha Laa Yuhibbu Man Kaana Khauwanan ‘Atsima”
(Dan Janganlah Kamu Berdebat –Untuk Membela- Orang-Orang Yang Mengkhianati Dirinya, Karena Sesungguhnya Allah Tidak Menyukai Orang Yang Banyak Berkhianat Dan Berlumur Dosa; An Nisaa’: 107).

Khianat Tidak Muncul Secara Tiba-Tiba Tetapi Didorong Beberapa Faktor Yang Mendasarinya Antara Lain Sebagai Berikut.

(1)Hasad Atau Terlalu Berambisi (Dengki). Kedengkian Seseorang Terhadap Orang Lain Dapat Membuatnya Berkhianat,Sebagai Upaya Untuk Melampiaskan Kedengkiannya Dengan Kedudukan Posisi Jabatan Yang Disandangkan Tersebut Atau Suatu Konspirasi Jahat Sebagaimana Hal Ini Terlihat Pada Riwayat Nabi Yusof Dan Saudara-Saudaranya.Karena Dengki, Saudara-Saudara Yusof Tega Mengkhianati Ayah Mereka Yang Telah Mempercayai Mereka Untuk Membawa Yusof Mengembalakan Kambing,Namun Mereka Membuangnya Ke Dalam Sumur(QS.12:7-18).

(2) Cinta Terhadap Dunia.Orang Yang Terlalu Berambisi Terhadap Pangkat Atau Kemashuran Atau Harta Benda Duniawi Akan Memudahkan Ia Berkhianat Kepada Sesamanya Apatah Lagi Ia Mendapat Dukungan Para Angguk-Angguk Dan Yang Dizalimi Tadi Tidak Mendapat Sebarang Pembelaan Sewajarnya.Namun Hal Ini Telah Pun Diperingkatkan Nabi SAW Dalam Sabdanya : “Cinta Kepada Dunia Merupakan Pangkal Segala Kesalahan”(HR Ibnu Abi Ad-Dunia Dan Al-Baihaki).

(3) Ambisi Terhadap Kedudukan Atau Pangkat Umpamanya Orang Sedemikian Akan Teramat Mudah Mengkhianati Sesamanya Bila Dalam Hatinya Tersimpan Ambisi Terhadap Kedudukan Dan Pangkat. Dalam Hal Ini, Al-Ghazali Meriwayatkan Sebuah Hadis Nabi SAW: ”Cinta Kepada Harta Benda Dan Kedudukan (Kebesaran) Menimbulkan Sifat Curang Di Dalam Hati Sebagaimana Air Menumbuhkan Sayur-Sayuran.”

(4). Dendam. Orang Yang Sedang Diamuk Rasa Dendam Akan Mudah Mengkhianati Orang Yang Menjadi Sasaran Rasa Dendamnya. Dalam Hadis Nabi SAW Yang Diriwayatkan Oleh Al-Ghazali Disebutkan: ”Jauhilah Rasa Permusuhan Karena Hal Itu Dapat Menghapuskan Agama”. Yang Dimaksudkan Dengan Menghapuskan Agama Di Sini Ialah Menghilangnya Pengaruh Ajaran Agama Yang Telah Tertanam Dalam Hati Seseorang.

(5).Egois.Orang Yang Bersifat Egois Akan Mudah Melakukan Khianat Terhadap Orang Lain Karena Baginya Kepentingan Bersama.Al-Quran Mencontohkan Tipe Orang Yang Egois Pada Iblis. Dikatakan Bahwa Semula Iblis Adalah Mahluk Tuhan Yang Patuh Pada-Nya,Tetapi Kemudian Iblis Berkhianat Kepada Perintah Allah SWT (QS.2:34).

Kita Jugaa Dalam Kehidupan Memilih Teman Memang Perlu Hati-Hati. Salah Memilih Teman Dalam Pergaulan Bisa Menjerumaskan Kita Pada Maksiat Dan Dosa. Namun, Bukan Perkara Mudah Memilih Teman Yang Istiqomah Dan Terus Mengajak Kepada Kebaikan. Kadang Kala, Seorang Teman Yang Awalnya Dianggap Sebagai Orang Yang Baik, Tiba-Tiba Bisa Saja Menjadi Jahat, Bahkan Mengkhianati Persahabatan.

Sebagai Hamba Allah Yang Dhaif, Kita Tak Kuasa Membaca Isi Hati Seseorang, Apakah Kelak Teman Atau Sahabat Kita  Bisa Terus Bersama-Sama Dalam Meraih Kebaikan, Atau Suatu Saat Akan Mencelakakan. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Mengajarkan Kepada Kita Sebuah Doa Agar Terhindar Dari Teman Yang Jahat Dan Pengkhianat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam  Bersabda:

اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ يَوْمِ السُّوْءِ، وَمِنْ لَيْلَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ سَاعَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ صَاحِبِ السُّوْءِ، وَمِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ

“Ya Allah Sesungguhnya Aku Berlindung Kepada-Mu Dari Hari Yang Buruk, Malam Yang Buruk, Waktu Yang Buruk, Teman Yang Jahat Dan Tetangga Yang Jahat Di Tempat Tinggal Tetapku.” (HR. At-Thabrani).

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ خَلِيلٍ مَاكِرٍ ، عَيْنَاهُ تَرَيَانِي وَقَلْبُهُ يَرْعَانِي ، إِنْ رَأى حَسَنَةً دَفَنَهَا ، وَإِنْ رَأى سَيِّئَةً أَذَاعَهَا

“Ya Allah Aku Berlindung Kepada-Mu Dari Teman Dekat Yang Suka Menipu, Matanya Melihatku Tetapi Hatinya Mencurigai Aku. Jika Ia Melihat Kebaikanku, Ia Sembunyikan. Tetapi Jika Ia Melihat Kejelekanku Ia Sebarkan”.(Hadits Mursal Riwayat Ibnu Najjar Dari Sa’id Al-Maqburi)

Semoga ALLAH SWT Memberikan Kita Petunjuk Setiap Perjalanan Menyelamatkan Kita Dari Setiap Perbuatan Zhalim,Maka Setiap Shalat Kita Harus Selalu Berdoa Pada Rabbi kita jagan jadi pengkhianat dan di khianti ,harapan besar apa yang sudah terjadi biarlah berlalu tapi bagun kehidupan yang baru dan terus maju untuk agama dang bangsa.

Karya : AZHARI  Alumni SPMA Bireuen

               Ketua Gema aneuk muda nanggroe aceh