Uncategorized

Kekuatan Berpikir Positif

Kekuatan Berpikir Positif

Sekolah Pemimpin Muda Aceh

Berpikir positif

Pemikiran positif adalah sikap mental dan emosional yang berfokus pada sisi terang kehidupan dan mengharapkan hasil positif.

Orang yang positif mengantisipasi kebahagiaan, kesehatan dan kesuksesan, dan percaya bahwa dia dapat mengatasi segala hambatan dan kesulitan.

Pemikiran positif bukanlah konsep yang setiap orang percaya dan ikuti. Ada yang menganggapnya omong kosong, dan mengejek orang yang mengikutinya. Namun, ada semakin banyak orang, yang menerima pemikiran positif sebagai fakta, dan percaya akan keefektifannya.

Tampaknya topik ini semakin populer, seperti yang dibuktikan oleh banyak buku, ceramah dan kursus tentang hal itu.

Untuk menggunakannya dalam hidup Anda, Anda membutuhkan lebih dari sekedar untuk menyadari keberadaannya. Anda perlu menerapkan sikap berpikir positif dalam segala hal yang Anda lakukan.

Bagaimana Berpikir Positif Bekerja

Cerita berikut menggambarkan bagaimana kekuatan ini bekerja:

Amir melamar pekerjaan baru, tapi dia tidak percaya dia akan mendapatkannya, karena harga dirinya rendah, dan dia menganggap dirinya sebagai kegagalan dan tidak layak untuk sukses.

Dia memiliki sikap negatif terhadap dirinya sendiri, dan oleh karena itu, percaya bahwa pelamar lainnya lebih baik dan lebih berkualitas dari dia.

Pikiran Amir dipenuhi oleh pikiran dan ketakutan negatif mengenai pekerjaan itu, sepanjang minggu sebelum wawancara kerja. Dia sebenarnya, mengantisipasi kegagalan.

Pada hari wawancara, dia bangun telat, dan ngeri dia tahu bahwa kemeja yang dia rencanakan itu kotor, dan yang satunya lagi perlu disetrika. Karena sudah terlambat, dia keluar dengan baju berkerut dan tanpa sarapan.

Selama wawancara, dia merasa tegang, negatif, lapar dan khawatir dengan kemejanya. Semua ini, mengalihkan pikirannya dan membuatnya sulit untuk fokus pada wawancara. Keseluruhan tingkah lakunya membuat kesan buruk, dan akibatnya, dia mewujudkan ketakutannya dan tidak mendapatkan pekerjaan itu.

Bobi  juga mengajukan pekerjaan yang sama, namun mendekati masalah ini dengan cara yang berbeda. Dia yakin dia akan mendapatkan pekerjaan itu. Selama sepekan sebelum wawancara, ia sering membayangkan dirinya membuat kesan yang baik dan mendapatkan pekerjaan.

Di malam sebelum wawancara, dia menyiapkan pakaian yang akan dia pakai, dan tidur lebih awal. Pada hari wawancara, ia terbangun lebih awal dari biasanya, dan memiliki cukup waktu untuk sarapan pagi, dan kemudian sampai pada wawancara sebelum waktu yang dijadwalkan.

Bobi mendapat kesan bagus saat proses seleksi dan akhirnya ia mendapat pekerjaan itu.

Apa yang kita pelajari dari dua cerita ini? Apakah ada sihir yang digunakan? Tidak, semuanya terjadi secara alami.

Berpikir Positif Merupakan Jalan Hidup

Dengan sikap positif kita mengalami perasaan senang dan bahagia. Hal ini membawa kecerahan pada mata, lebih banyak energi, dan kebahagiaan. Keseluruhan kita menyiarkan niat baik, kebahagiaan dan kesuksesan. Bahkan kesehatan kita pun terpengaruh dengan cara yang bermanfaat. Kita berjalan tinggi, suara kita lebih kuat, dan bahasa tubuh kita menunjukkan seperti yang kita rasakan.

Pemikiran positif dan negatif menular.

Kami mempengaruhi, dan dipengaruhi oleh orang-orang yang kita jumpai, dengan satu atau lain cara. Hal ini terjadi secara naluriah dan pada tingkat bawah sadar, melalui kata-kata, pikiran dan perasaan, dan melalui bahasa tubuh.

Apakah mengherankan jika kita ingin berada di sekitar orang-orang yang positif, dan lebih memilih untuk menghindari yang negatif?

Orang lebih cenderung membantu kita, jika kita bersikap positif, dan mereka tidak menyukai dan menghindari orang yang menyiarkan kenegatifan.

Pikiran negatif, kata-kata dan sikap, menciptakan perasaan negatif dan tidak bahagia, suasana hati dan perilaku. Bila pikiran negatif, racun dilepaskan ke dalam darah, yang menyebabkan lebih banyak ketidakbahagiaan dan kenegatifan. Ini adalah cara untuk kegagalan, frustrasi dan kekecewaan.

Petunjuk dan Saran Berpikir Positif

Untuk mengubah pikiran menuju yang positif, diperlukan kerja batin, karena sikap dan pikiran tidak berubah dalam semalam.

  1. Baca tentang subjek ini, pikirkan manfaatnya, dan bujuk untuk mencobanya. Kekuatan pikiran Anda adalah kekuatan besar yang selalu membentuk hidup Anda. Pembentukan ini biasanya dilakukan secara tidak sadar, namun memungkinkan untuk membuat proses menjadi sadar. Sekalipun idenya nampak aneh, cobalah. Anda tidak akan rugi, tapi hanya untuk mendapatkan.
  2. Abaikan apa yang orang lain katakan atau pikirkan tentang Anda, jika mereka tahu bahwa Anda mengubah cara berpikir Anda.
  3. Gunakan imajinasi Anda untuk memvisualisasikan situasi yang menguntungkan dan menguntungkan.
  4. Gunakan kata-kata positif dalam dialog batin Anda, atau saat berbicara dengan orang lain.
  5. Senyum, karena ini membantu untuk berpikir positif.
  6. Begitu pikiran negatif memasuki pikiran Anda, Anda harus menyadarinya, dan berusaha untuk menggantinya dengan yang konstruktif. Jika pikiran negatif kembali, ganti lagi dengan yang positif. Seolah ada dua gambar di depan Anda, dan Anda harus memilih untuk melihat salah satu dari mereka, dan mengabaikan yang lain. Kegigihan akhirnya akan mengajarkan pikiran Anda untuk berpikir positif, dan mengabaikan pikiran negatif.
  7. Jika Anda mengalami hambatan dalam dan kesulitan saat mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif, jangan menyerah, tapi teruslah mencari hanya pada pikiran bermanfaat, baik dan bahagia di dalam pikiran Anda.
  8. Tidak masalah keadaan Anda saat ini. Berpikir positif, mengharapkan hanya hasil dan situasi yang menguntungkan, dan keadaan akan berubah. Jika Anda tekun, Anda akan mengubah cara berpikir pikiran Anda. Mungkin perlu beberapa saat agar perubahan terjadi, tapi akhirnya akan terjadi.
  9. Teknik lain yang berguna adalah pengulangan afirmasi. Teknik ini mirip dengan visualisasi kreatif, dan bisa digunakan secara bersamaan.

Demikian tulisan tentang kekuatan berpikir posif, di artikel selanjutnya kita akan mengulas beberapa terkait dengan berpikir positif dan bagaimana memanifestasikan dalam keseharian kita.