Agenda Kampus

Mahasiswa KKN Unsyiah ajak Petani Kembangkan Potensi Pertanian

ACEHGEMILANG.COM | ACEH BESAR – Mahasiswa KKN Unsyiah yang ditempatkan di Gampong Meunasah Mesjid Lamlhom, Keacamatan Lhonga mengajak masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi pertanian dan sumber daya yang tersedia.Melalui program kuliah kerja nyata bersama masyarakat Desa Meunasah Mesjid, Mahasiswa KKN tersebut menciptakan program penanaman jagung manis untuk masyarakat serta pembuatan pupuk biourine sapi sebagai pupuk organic.

Hanif salah satu mahasiswa KKN PPM Unsyiah kepada acehgemilang.com mengatakan, “sudah banyak sekali petani yang mengolah dan menggunakan urine sapi sebagai pupuk organik yang ekonomis dan menguntungkan”. Ujar Hanif

Ia juga menambahkan, Selain untuk meningkatkan hasil pertanian baik untuk tanaman keras maupun lunak, pupukorganik juga sangat cocok untuk digunakan dikawasan Aceh Besar karena beriklim tropis, karena tidak meninggalkan residu di dalam tanah sehingga membuat tanah menjadi gembur”.katanya Hanif
Hanif menambahkan, Pupuk dari urin bagi sebagian orang mungkin terdengar tak lazim, tapi begitulah kenyataannya. Urine sapi merupakan komoditi yang berharga karena urine sapi mengandungunsur Nitrigen yang tinggi yang berguna untuk menyuburkan tanah.

Sebanyak 35 mahasiswa Unsyiah dari berbagai lintas jurusan yang tergabung dalam kelompok KKN PPM-06 melaksakanakan program pembuatan pupuk biourine serta  penanaman jagung manis bersama masyarakat di Desa Mesjid Lamlhom,

Selama ditempatkan di Gampong Meunasah Mesjid Lamlhom, mahasiswa sudah berhasil menjalankan beberapa program, diantaranyad emonstration plot (demplot) budidaya jagung manis,

Diklat demonstrasi dan pembuatan pupuk organic biourine, diskusi mengenai pemasaran dan pengemasan produk jagung manis, dan  program lainnya. Peningkatan produksi jagung manis dilakukan dengan pemberian pupkorganik Biourine.

Antusias memasyarakat sangat tinggi terhadap program yang dijalankan oleh mahasiswa KKN PPM-06.
Salah satunya kegiatan demonstrasi pembuatan pupuk organic biourine yang di hadiri oleh Geuchik Gampong Meunasah Mesjid Lamlhom, TuhaPeut, masyarakat, dan segenap aparatur gampong lainnya.

Selanjutnya mahasiswa KKN PPM-06 akan melakukan penyaringan pupuk organic biourine dan penyuluhan serta pengema sanpupuk organic biourine danj agung manis agar masyarakat dapat memanfaat kan dan terdorong untuk memasarkan produk tersebut.

KKN PPM-06diketuaiolehYusnizar, S.P., M.Si.Sementara Dr. Zaitun, S.P. M.Si. dan Rahmaddiansyah, S.Si., M.Sc., bertindak sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, disamping itu dalam proses pembekalan khusus tentang biourine dan peningkatan produksi jagung manis juga menghadirkan narasumber Dr. nat, techn. Syafruddin, S.P., M.P. Sedangkan materi lain nya diberikan oleh ketua pelaksana dan Dosen Pembimbing Lapangan terkait program utama dan program tambahan dalam KKN tersebut.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 30 hari terhitung sejak 25 Juli2017 lalu.
KKN PPM-06 dilaksanakan untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga untuk mendorong masyarakat agar lebih produktif dan mampu memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk menghasilkan pupuk organic biourine dan jagung manis.

 “Kami sangat senang dan berharap dengan adanya program dari KKN kali ini membuat masyarakat dapat menghasilkan sesuatu yang barusesuai dengan potensi gampong yang tersedia saat ini” tutur Pak Armia, S.H., selaku Geuchik Gampong Meunasah Mesjid Lamlhom.

*Reporter Mahasiswa

Tentang Penulis

mustakim mustakim

mustakim mustakim

Tambahkan komentar

Klik di sini untuk memberi komentar

%d blogger menyukai ini: