Profil

Ingin Sukses, Banyaklah Membaca

Ingin Sukses, Banyaklah Membaca
Oleh Mawardi

                                          Ketua SPMA Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe

ACEHGEMILANG.COM | Lebih jauh, dapat kita katakan bahwa pendidikan sumbernya tiada lain adalah dengan membaca, membaca dan membaca. Tanpa membaca dan pengetahuan yang cukup, dapat dipastikan kita tidak dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Dalam implikasinya, kreatifitas pengetahuan mahasiswa juga menjadi konsep yang dapat dianulir menjadi suatu potensi yang besar bagi pembangunan bangsa menjadi dunia pendidikan dengan budaya membaca.

Budaya dan membaca bagi kalangan mahasiswa ibaratkan dua sisi mata uang logam yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya serta saling melengkapi. Karena melalui membaca, mahasiswa dapat membuka jendela dunia dan dapat memperkaya pengetahuan sehingga mampu meningkatkan kemampuan diri, berinovasi, penelitian, wirausaha serta dapat mengetahui informasi terkini baik dalam dunia pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan lain-lain. Buku adalah ilmunya membaca adalah kuncinya untuk membuka buku. Pendidikan tanpa membaca ibarat tubuh tanpa ruh.

Di era zaman modern ini semua orang berupaya untuk mendapat informasi yang lebih cepat dan lebih luas. Lebih-lebih lagi untuk mengembangkan keahliannya masing-masing. Orang akan ketinggalan dan tidak dapat mengikuti kemajuan zaman apabila tidak mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu caranya adalah dengan membaca. Budaya membaca harus ditumbuhkan sedini mungkin supaya budaya membaca menjadi kebiasaan hidup seseorang.

Membaca bukanlah hal yang turun dari langit yang harus dilakukan dengan cara terpaksa, tetapi membaca merupakan sebuah kebutuhan yang harus kita lakukan dengan senang hati, dengan membaca akan membuka cakrawala kita pada peningkatan wawasan keilmuan yang sangat dibutuhkan dalam membangun wacana berpikir secara integral. Jika membaca sudah menjadi kebutuhan kita, dan kita melakukannya dengan senang hati, maka kita akan sukses.

Tentang Penulis

Penulis merupakan Ketua SPMA Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, alamat, Puuk,Samudera, Aceh Utara. Email: mzmawardi@gmail.com, No WA: 082284812852.  saat ini mawardi tercatat sebagai Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe