Profil

Senator Aceh Fachrul Razi: Mahasiswa Harus Menjadi Aktor Utama Upaya Advokasi Kepada Rakyat

ACEHGEMILANG.COM | Dalam Kondisi Aceh dan Indonesia Saat ini, Mahasiswa harus memainkan Peran Maksimal sebagai agen Perubahan Dalam mengawal dan mengadvokasi masyakarat yang kehilangan hak hak Ekonomi, sosial dan politiknya.

“Mahasiswa Harus Menjadi Aktor Utama Upaya Advokasi Kepada Rakyat.” Demikian disampaikan Senator Aceh Fachrul Razi hadir dalam Sekolah Advokasi dengan tema “membentuk mahasiswa kritis untuk unsyiah yang lebih transparan” bertempat di Auditarium Fakultas Hukum UNSYIAH pada tanggal 22-23 Desember 2017.

Fachrul Razi mengatakan bahwa advokasi secara umum dibagi menjadi dua, pertama advokasi litigasi. Kedua, advokasi nonlitigasi. Yang dimaksud dengan advokasi litigasi adalah advokasi yang dilakukan sampai ke pengadilan untuk memperoleh keputusan hukum yang pasti atau resmi.

Advokasi litigasi memiliki beberapa bentuk seperti class-action, judicial review, dan legal standing. Sedangkan advokasi nonlitigasi dapat berupa pengorganisasian masyarakat, negosiasi, desakan massa (demosntrasi, mogok makan, pendudukan, dan lainnya) untuk memperjuangkan haknya

Banyak kasus yang perlu diadvokasi, antara lain kasus dana APBN, Kasus penggunaan dana APBA/APBK, dana desa. Bahkan di Aceh sebut Fachrul Razi, kasus konflik pertanahan dan perizinan sangat tinggi sehingga merugikan rakyat. Advokasi terhadap pelaksanaan dan pengawasan UU Juga harus dilakukan.

Fachrul Razi menyebutkan bahwa dalam kasus reintegrasi dan KKR di Aceh perlu mendapat advokasi khusus, termasuk implementasi MOU Helsinki dan UUPA di Aceh.

Dalam melakukan advokasi, mahasiswa juga dapat melakukan dengan berbagai cara, antara lain dalam bentuk kegiatan untuk membentuk pendapat umum dan pengertian yang lebih luas melalui kampanye, siaran pers, unjuk rasa, boikot, pengorganisasian basis, pendidikan politik, diskusi publik, seminar, pelatihan dan sebagainya.

Untuk membentuk opini publik yang baik, dalam pengertian mampu menggerakkan sekaligus menyentuh perasaan terdalam khalayak ramai, keahlian dan ketrampilan untuk mengolah, mengemas isu melalui berbagai teknik, sentuhan artistik sangat dibutuhkan.

Rakyat dilapangan membutuhkan tangan tangan kelompok Mahasiswa dan pemuda dalam mengadvokasi kebutuhan mereka, mari bergerak bersama memperjuangkan hak hak rakyat, demikian tutup Fachrul Razi.

Tags