Inspirasi Profil

Perkumpulan Pemuda Kreatif Aceh Ajak Pemuda Aceh untuk Kembangkan Wirausaha

ACEHGEMILANG. COM | BANDA ACEH – Perkumpulan pemuda kreatif Aceh (P3KA) mengajak pemuda untuk mengembangkan wirausaha di Aceh. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Alvi Sufri ketua P3KA Aceh.
Alvi mengatakan, saat ini sumber daya dan bahan baku yang tersedia di Aceh saat ini. Menurutnya, hasil alam yang mudah didapatkan, dapat dikelola oleh para pemuda sebagai produksi kreatif di bidang usaha. Sabtu, 31/3/2018

Kendati demikian, Alvi mengajak pemuda Aceh untuk menggerakkan kemampuan wirausahawanya saat masih muda.

“saat usia muda, pemuda Aceh harus berfikir kreartif dan inovatif, tidak hanya menjadi pemuda dengan mental karyawan, tapih jadilah pemuda dengan mental pengusaha yang memiliki karakter wirausahawan”

Alvi menambahkan, Aceh akan maju jika pemuda Aceh mengubah mindset berfikir, dari karyawan menjadi pengusaha muda yang kreatif serta memiliki daya saing global yang kompeten.

 

Alvi, mengajak pemuda Aceh untuk bersatu dan bersama-sama bergabung dengan perkumpulan pemuda krearif Aceh untuk menggerakkan roda perekonomian Aceh dan menghidupkan ekonomi mikro ruma tangga di Aceh.

“jika seluruh pemuda Aceh bersatu Insyaallah perekonomian rakyat Aceh akan lebih baik” ujar Alvi.

Sementara itu, Sekretaris P3KA Aceh Mustakim menjelaskan, tujuan dari berdirinya wadah organisasi ini adalah untuk menggerakkan usaha mikro kecil terutama pada kalangan pemuda Aceh untuk berfikir menciptakan inovasi produk yang kreatif.

Mustakim menambahkan, saat ini jumlah penduduk Aceh berkisar 5 juta jiwa dengan jumlah angka pengangguran 150.000 jiwa bedasarkan data BPS, katanya.

Sedangkan untuk jumlah angkatan kerja di Aceh berjumlah  2,289 juta orang. Menurut Mustakim, untuk mengurangi angka pengangguran tersebut sudah saatnya pemerintah untuk merangkul pemuda Aceh untuk memajukan perekonomian dengan mengkucurkan dana usaha ataupun memberi pelatihan skill khusus untuk pemuda Aceh untuk bisa menciptakan lapangan kerja, apalago dengan hadirnya P3KA ini yang bergerak secara sukarela untuk menganjak pemuda Aceh kembangkan niat usaha dan meninggalkan hal hal yang negatif.

Mustakim menginginkan pemerintah untuk merangkul pemuda dalam menggerakkan perekonomian agar pemuda di Aceh lebih terjamin perekonomianya serta mengurangi tindak kejahatan dan kriminal di Aceh.

Tindak kejahatan dan kriminal bisa saja terjadi karena biaya hidup atau Living Cost masyarakat di Aceh saat ini saat tinggi sehingga disaat pemuda tidak memiliki pendapatan maka akan muncul kriminal dan kejahatan.

Melalui Organisasi P3KA ini Mustakim menyerukan pemuda untuk mengambil peran dalam menggerakkan ekonomi di Aceh.

Untuk diketahui Perkumpulan Pemuda Kreatif Aceh (P3KA) merupakan organisasi pemuda kreatif Aceh yang memfasilisitasi pemuda untuk menciptakan berbagai bidang usaha kreatif yang mendatangkan income.

Berbagai program kerja P3KA diantranya pelatihan las, dan menjahit, tempahan seni dari kayu, pembuatan ayunan bambu, serta berbagai macam jenis usaha kecil kreatif lainya untuk membangkitkan UKM di Aceh.