Opini

Terkait Makanan Mengandung Cacing, Ini Kata Mahasiswa Uin Banda Aceh

Aceh Gemilang.com | Banda Aceh – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan 27 merek produk makarel mengandung parasit cacing. Temuan ini diperoleh setelah BPOM meneliti 541 sampel dari 66 produk produk ikan dalam kaleng itu yang beredar di seluruh Indonesia.

Temuan tentang keberadaan parasit cacing produk makarel tersebut tentu membuat masyarakat heboh. Konsumen menjadi khawatir untuk mengonsumsi produk yang familiar tersebut.

Lalu yang menjadi menarik ialah seusai rapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis 28 Maret 2018, Menteri Kesehatan Nila F Moelek mengeluarkan satement bahwa ” Cacing itu sebenarnya isinya protein”.

“Bagi saya statement yang dikeluarkan oleh MENKES terkesan blunder dan menjadi boomerang bagi Ibu Nila sendiri. Seharusnya sebagai Seorang Menteri Kesehatan beliau mengeluarkan statement yang menenangkan masyarakat. Serta mengajak seluruh masyarakat untuk waspada jika menemukan produk tersebut,” demikian kata alumni Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) di UIN Arraniry yang juga Mahasiswa Ilmu Adminstrasi Negara dan pernah menjabat Menteri Hubungan Antar Lembaga DEMa UIN Ar-Raniry periode 2018/2019

Saiful Azmi mengatakan statement yang MENKES keluarkan terkesan kontradiktif dengan langkah yang sedang dilakukan oleh BPOM. Sehingga menimbulkan asumsi publik untuk mempertanyakan kompetensi MENKES tersebut.

Menurut Saiful Azmi, Intinya menjadi pejabat publik harus menguasa publik speaking, menyampaikan sesuatu dengan tepat karena setiap perkataan yang keluar dari mulut pejabat akan menjadi sorotan dan buah bibir media.