Uncategorized

Antara kotaku dan impianku

acehgemilang.com | Lhokseumawe-,
Kenal kan nama aku Aulia Ramadhani Bakri Siregar,teman-teman biasa memanggil ku dengan sebutan ‘Aul’ kalian juga bisa memanggil ku dengan sebutan yang sama, jangan tanya alasan ku mengapa tak mau dipanggil ‘Lia’ bisa panjang ceritanya. (14/07/208)

Aku mahasiswi Jurusan Sosiologi di Universitas Malikussaleh, asal ku dari Padang Sidimpuan, kota kecil yang memiliki segudang cerita apabila kau mampir kesana, mengapa demikian?? Baiklah akan ku ceritakan sedikit ke istimewaan kota ku,yakni KOTA PADANG SIDIMPUAN. Kota ku sering disebut orang sebagai kota pelajar karena ada banyak sekali sekolah yang berdiri disana, banyak juga orang pendatang yang rela kos-kosan demi belajar disana padahal masih tingkat SMP/MTs dan SMA/MA, karna banyak nya anak rantau untuk menempuh pendidikan Kota ku sering disebut begitu, aku menjadi salah satu anak yang bersekolah di Sidimpuan, nama sekolah ku MAN 2 MODEL PADANGSIDIMPUAN salah satu sekolah terkenal di sidimpuan, prestasi yang di dapat kan oleh sekolah ku juga banyak, salah satu prestasi nya aku turut berperan, kami mendapat Juara Pertama di Pentas Seni Drama II tingkat SMA/SMK/MA Se-Tabagsel, dan masih banyak prestasi gemilang.

Kota ku juga di juluki sebagai Kota Salak, karena kawasan kami dekat dengan ‘Parsalakan’ daerah yang banyak menanam salak dan sebahagian besar warga nya menanam salak, dan inilah penyebab nya kota kami dijuluki seperti itu. Kota ku memiliki Sebuah Plaza namanya Plaza Anugrah, letak nya tepat di pusat kota, kalau libur lebaran atau semester banyak orang tua yang membawa anak nya kesana untuk rekreasi.
Di kotaku ada destinasi wisata yang indah namanya Sibio-bio, letak nya strategis karna berada di atas bukit, kalian bisa menikmati udara sejuk , minum kopi khas sipirok, dan ber-selfi ria disana, dijamin kalian akan ketagihan dan malas pulang kalau sudah sampai sana, kalau ingin kesana tak perlu khawatir karna bisa ditempuh dengan naik mobil pribadi dan kalau mau rame-rame bareng teman bisa sewa mobil angkot menuju kesana.

Ada banyak hal lainnya yang bisa kita temui di kotaku, kota ku juga banyak air terjun, tapi jika ingin menikmati nya kalian harus ber letih-letih dahulu, tapi tenang setelah letih kalian akan mendapat imbalan nya dengan pemandangan indah dan airterjun yang cantik, salahsatu air terjun yang paling terkenal ialah Silima-lima.
Aku harus meninggalkan keindahan dan ke ramahan kota ku untuk waktu yang lama, sebab aku harus kuliah untuk melanjutkan study ku, aku lulus di Universitas Malikussaleh melalui jalur SBMPTN, bukan hal mudah bagiku untuk memenangkannya, kenapa? Sebab dulu focus ku hanya satu, bisa masuk sekolah kedinasan yang dipegang langsung oleh Negara, aku mati-matian belajar demi itu namun takdir berkata lain aku belum bisa untuk lulus ke sana, hingga ujian SBMPTN tiba aku hanya mempelajari sedikit materi SBMPTN, dan Alhamdulillah aku lulus di UNIMAL.

Setelah lulus masih ada rintangan yang harus di lalui yaitu perdebatan dengan orang tua tentunya, hal ini biasa kalau sang anak akan pergi jauh dari orang tua, setiap hari orang tua bertanya ‘prospek kerja jurusan kamu apa,nak?’ lalu ‘itu jauh banget,nak’ hingga ‘tes mandiri aja ya di Medan atau kuliah swasta aja ya nak di Sidimpuan’ . Jujur itu agak membuat hati sedih, karna untuk memenangkan UNIMAL bukan lah mudah Ujian dan menunggu hingga 2 bulan lamanya.
Aku pun membuat beribu alasan agar dapat izin dari orang tua, mulai dari menunggu pengumuman UMPTKIN dan Pengumuman STAN. Pengumuman UMPTKIN menyatakan aku lulus di Semarang, bertambah jauh jarak nya dari orangtua hingga akhirnya orangtua berkata ‘siap kan lah berkas mu nak, di Lhoseumawe aja kuliah nya biar nanti kalo ada apa-apa nggak begitu jauh’. Alhamdulillah, kalian pasti tau gimana perasaan ku saat itu.
Ada anggota keluarga yang bertanya ‘kenapa milih sosiologi?’ pertanyaan yang selalu kudengar. Jawabannya ialah karena aku suka, aku suka bersosial dengan orang lain karna aku tahu ini lah jalan ku, ini yang di berikan Allah SWT. Sebagai yang terbaik untuk diriku, dan esok Universitas Malikussaleh lah yang mengantar kan ku menuju manusia Sukses, pastinya.

 

Editor : Afrizal Nj

Penulis : Aulia Ramadhani Bakri Siregar, Mahasiswa jurusan Sosiologi Universitas Malikussaleh angkatan 2018.