Opini

Menjadikan Pemerintahan dan Generasi Nagan Raya yang Cemerlang

Menjadikan Pemerintahan dan Generasi Nagan Raya yang Cemerlang

DITULIS OLEH : SUSI MULIA ULVA

Tak asing lagi ditelinga kita bersama dengan nama Kabupaten Nagan Raya yang lazim dikenal dengan sebutan kota “Rameune”. Daerah yang juga dikenal dengan surga sawit karena begitu banyaknya jumlah kelapa sawit, dan daerah yang juga dikenal dengan berbagai sejarah yang terdapat di kabupaten ini. Kabupaten yang dipandang memiliki jumlah kebun kelapa sawit yang sangat banyak, kabupaten yang dikenal dengan sebutan sejutan “Rameune” namun tidak dapat menjamin kabupaten ini semakin maju. Dalam membangun daerah pemerintah di Nagan Raya haruslah searah dengan rakyat dalam merumuskan setiap kebijakan-kebijakan pembangunan dengan memberikan berbagai keyakinan kepada masyarakat terkait tentang apa yang akan dilakukan untuk membangun daerah.

Majunya suatu kota tidak hanya berpegang pada pemimpin saja, akan tetapi majunya suatu kota akan terwujud jika semua masyarakat ikut andil dalam mendukung kebijakan pemimpin yang positif. Hal yang dapat membuat suatu kota hebat tak lain juga melibatkan peran mahasiswa atau generasi muda. Mengapa peran mahasiswa disini terlibat? Sungguh peran mahasiswa sangat dibutuhkan demi salah satu terwujudnya kabupaten tetap maju dan berkembang. Mahasiswa-mahasiswa yang lebih aktif, memiliki wawasan tinggi sehingga dirinya selalu terampil di public juga menjadikan salah satu yang dapat membuat nama kampong asalnya akan terangkat. Demi terwujudnya kabupaten yang cemerlang perlu banyak cara yang dilakukan untuk mambangun kabupaten kita tercinta ini. Pembangunan kabupaten kita tercinta ini dapat harus dilakukan dengan pembangunan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Disini juga diperlukan adanya sistem demokrasi. Pembangunan yang didasarkan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat harus dipahami oleh pemerintah untuk mengatasi berbagai masalah yang dirasakan oleh rakyat. Pemerintah tidak boleh mengesampingkan kepentingan rakyat, karena jika masalah rakyat terus-terusan terjadi makan akan dapat menghambat suatu kota untuk maju. Pembangunan infrastruktur harus diperhatikan oleh pemerintah untuk menjamin adanya kehidupan yang sehat dari masyarakat serta kecerdasan masyarakat dalam mengembangkan potensi dalam menjalani hidup.

Pengelolaan anggaran juga sangat perlu dan harus teliti diperhatikan oleh pemerintah. Anggaran harus diupayakan untuk dapat menciptakan keuntungan public, dan lebih diutamakan untuk menciptakan keuntungan bersama daripada keuntungan pribadi pemerintah. Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa anggaran yang harus diberikan kepada masyarakat baik itu mahasiswa atau yang lainnya tidak jelas keberadaannya? Pertanyaan yang sama akan dilontarkan oleh berbagai kalangan masyarakat dan tidak akan pernah mendapat kejelasan yang tepat dan jelas. Nah, hal seperti inilah yang seharusnya dihindarkan oleh pemerintah, jika terus-terusan pemerintah tidak teliti dalam mengelola anggaran maka jangan bermimpi suatu kota itu akan maju dan roda pemerintahan akan terus-terusan diikuti dengan kebohongan. Pelayanan public di daerah adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh pemerintah. Pelayanan public tetap harus dilakukan untuk memperbaiki dan mempermudah akses-akses masyarakat pada public. Suasana politik yang diharapkan agar selalu stabil di Nagan Raya dan untuk terwujudnya kehidupan yang demokratis harus dimulai dengan pembangunan sistem politik yang demokratis pula yang melibatkan rakyat dalam pemilu  yang jujur, adil dan rahasia.

Mengukur keberhasilan pembangunan suatu kota bisa ditinjau dari berbagai aspek diantaranya aspek ekonomi, penurunan kemiskinan, adanya lapangan pekerjaan dan bagaimana harapan hidup rakyat yang layak. Banyaknya program pembangunan di daerah yang dianggap tidak bermanfaat secara langsung sebaiknya sudah harus dihindari. Program pembangunan yang tidak bermanfaat dapat diganti dengan lebih memperhatikan kepada kelompok-kelompok masyarakat miskin agar masyarakat yang mempunyai keterbatasan ekonomi mendapatkan lapangan kerja dan dengan begitu dapat menurunkan angka kemiskinan di daerah.

Selain berpusat pada pemerintah, hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan nama Kabupaten Nagan Raya menjadi tenar, menjadi daerah yang cemerlang dikalangan masyarakat local maupun masyarakat luar daerah adalah dengan perlunya mempromosikan berbagai tempat wisata yang terdapat di daerah ini. Nagan Raya yang memiliki berbagai objek wisata yang tidak terlalu dituangkan kedalam surat kabar atau media sosial membuat orang-orang tidak begitu mengenalnya bahkan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat local saja tidak diketahui oleh masyarakat luar daerah.

Kontribusi tempat wisata dapat menunjukkan trend atau gaya yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pariwisata memberikan manfaat yang beragam bagi masyarakat mulai dari segi ekonomi, budaya, lingkungan hidup, nilai pergaulan bahkan dengan terciptanya peluang dan kesempatan kerja. Pariwisata mendatangkan manfaat lingkungan hidup sehat bagi masyarakat karena sebuah objek wisata jika ingin dikunjungi oleh banyak masyarakat luar maka haruslah terjaga dan harus selalu merawatnya. Hal seperti ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Nagan Raya karena di daerah ini banyak tempat yang dijadikan sebagai objek wisata. Selain itu dengan adanya pariwisata akan dapat membangun daerah Nagan Raya menjadi daerah yang berbobot, bernilai dipandangan khalayak umum. Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan angka kemiskinan sedikit demi sedikit di daerah Nagan Raya ini. Sarana-sarana pariwisata seperti warung nasi, tempat bermain, di bidang kontruksi bangunan, di jalan raya di daerah ini juga akan dapat menciptakan peluang kerja yang tidak berhubungan langsung dengan pariwisata.

Sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk membangun Nagan Raya sehingga pembangunan yang direncakan dapat dicapai dalam segala sector. Generasi muda di Nagan Raya sangat berperan penting dalam pembangunan daerah tercinta kita ini karena generasi muda ini merupakan pemegang estafet kepemimpinan di Nagan Raya. Sebagai pemegang estafet di masa mendatang, gegenerasi muda di Nagan Raya harus mampu menjadi pilar, penggerak dan pengawal jalannya pembangunan daerah. Generasi muda harus mampu mengambil peran sentral sebagai inisiator yang berada di barisan terdepan untuk kemajuan daerah Nagan Raya. Generasi muda yang bergabung dalam berbagai organisasi kemasyarakatan ataupun organisasi kepemudaan memiliki posisi yang penting dalam pembangunan daerah di Nagan Raya. Mereka memahami dengan baik kondisi daerahnya sendiri dari berbagai sudut pandang dan memiliki interaksi yang kuat dengan berbagai lapisan masyarakat. Energi pemuda Nagan Raya ini jika bersatu snagat cukup untuk mendorong pembangunan daerah yang lebih maju. Peranan generasi muda Nagan Raya harus lebih berorientasi kepada upaya membangun sumber daya  manusia yang berkualitas dan sumber daya alam agar tetap mempunyai daya dukung terhadap pembangunan Nagan Raya dan persiapan untuk generasi mendatang.