Opini

Peran Kaum Terpelajar Dalam Mengenalkan Sains dan Teknologi Kepada Masyarakat Nagan Raya Oleh Arliyani Khatijah (Ilmu Fisika – FMIPA UNSYIAH)

Peran Kaum Terpelajar Dalam Mengenalkan Sains dan Teknologi Kepada Masyarakat Nagan Raya

Oleh

Arliyani Khatijah

(Ilmu Fisika – FMIPA UNSYIAH)

Kecepatan perkembangan teknologi dan era globalisasi semakin cepat ke segala penjuru dunia bahkan sampai ke sudut kehidupan kita, hal ini memaksa semua pihak yang terkait akan mampu menghadapi perubahan tersebut. Sains dan teknologi adalah hal yang sering sekali mengalami perubahan, akan tetapi banyak masyarakat yang tidak menyadarinya. Sains dan teknologi lahir dari pemikiran manusia. Kehidupan manusia tidak akan lepas dari sains dan teknologi. Beruntunglah kita dapat menikmati manfaat dari sanis dan teknologi saat ini. Contohnya adalah kita dapat mengetahui janin yang masih ada dalam kandungan atau kita dapat mencegah menularnya penyakit kanker ke seluruh tubuh. Coba bayangkan jika kita hidup pada zaman dahulu ketika sains dan teknologi belum maju. Apakah kita masih bisa mendengar berita dari seluruh dunia ataupun sekedar hanya untuk chattingan dengan orang yang berbeda Negara. Jawabannya tidak, karena sains dan teknologi kita terbatas saat itu.

Hubungan sains, teknologi dan manusia sangatlah erat dalam kehidupan, bahkan tidak dapat dipisahkan. Penemuan dibidang sains dan teknologi tidaklah berarti jika tidak di terapkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu hasil penelitian sains dan teknologi harus disebarluaskan kepada masyarakat. Dengan demikian hasil penemuan tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nagan Raya merupakan salah satu dari wilayah aceh yang masih tertinggal dalam bidang sains dan teknologi. Kondisi ini di sebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah ketidakpahaman masyarakat akan pentingnya sains dan teknologi tersebut. Kemajuan suatu bidang tidak terlepas dari peranan pemuda. Mahasiswa sebagai salah satu kaum terpelajar berada dalam tatanan elit masyarakat. Mahasiswa memiliki kelebihan, peran, dan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat yang intelektual. Bangsa ini membutuhkan pelopor dan penggerak yang akan memberikan langkah nyata dan solutif untuk memecahkan berbagai problematika yang melanda. Disinilah mahasiswa dituntut untuk menjalankan fungsi dan perannya sebagai kaum terpelajar, agen of change (agen perubahan), dan generasi penerus yang berharga. Untuk itu mahasiswa memerlukan suatu bekal moral dan pengetahuan untk dapat menjalankan fungsinya secara konsisten dan kontinu.

Mahasiswa sebagai agen of change mempunyai peranan penting dalam berbagai lingkup kehidupan sehingga tidak hanya disibukkan oleh kegiatan perkuliahan saja, disamping itu mahasiswa seharusnya bisa membangkitkan potensi, kreativitas, inspirasi, dan rasa pengabdian kepada masyarakat. Keempat unsur tersebut merupakan sifat yang ada secara alami dalam diri manusia. Mahasiswa yang cerdas dalam menghadapi masalah dan terampil dalam berkomunikasi akan dapat memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat tentang sains dan teknologi dalam berbagai cara. Jika disetiap diri mahasiswa bisa memilikinya, maka lahirlah agen of change yang merupakan generasi yang tidak hanya berintelektual tetapi memiliki rasa sosial yang tinggi kepada masyarakat. Karena itulah, betapa pentingnya peranan kita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Seperti yang tertuang dalam UUD 1945 yaitu “Mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Dari penjelasan di atas yang begitu panjang, mahasiswa dituntut untuk memiliki karakter sebagai agen perubahan terhadap lingkungan sekitarnya, termasuk dalam hal ini adalah berpartisipasi dalam pengabdian kepada masyarakat yang ada di lingkungannya. Mahasiswa tidak diajak untuk sekedar aktif, tetapi mahasiswa mempunyai kesadaran sendiri bahwa mahasiswa itu mampu dalam melaksanakan dan memecahkan persoalan-persoalan yang melanda lingkungan sekitarnya. Mahasiswa yang memiliki karakter tidak menunggu kapan dia akan diinstruksikan. Karakter-karakter yang dibangun merupakan tumpuan bagi seorang mahasiswa dalam meniti pahit manis kehidupan yang dialami oleh masyarakat. Jadi Mahasiswa harus tergerak sendiri untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sains dan teknologi. Cara-cara yang bisa ditempuh ialah seperti mengadakan lomba cerdas cermat, olimpiade sains dan teknologi ataupun lomba pesawat sederhana.

Melalui pemahaman tentang sains dan teknologi yang diberikan kepada masyarakat nagan raya, diharapkan masyarakat lebih mengerti pentingnya sains dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat juga dapat mengetahui bahwa sains itu sederhana dan tidaklah rumit, serta mengetahui bahwa sains dan teknologi banyak aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa dan masyarakat juga dapat bekerjasama dalam membangun Nagan Raya yang lebih baik  dalam bidang sains dan teknologi agar tumbuh generasi-generasi baru  yang bukan hanya mempunyai karakter berwibawa dan mengedepankan moral tetapi berilmu pengetahuan dan mempunyai integritas.