Anti Korupsi SPMA

Menciptakan Generasi Antikorupsi

MENCIPTAKAN GENERASI ANTI KORUPSI

Patdli irsan

 

KARAKTER HARAPAN BANGSA

Hai putra puri bangsa indonesia insan persada tetaplah peduli dan janganlah engkau menjadi bingung, terkecoh dari berita berita si hidung panjang,  berbulu tipis si ekor cepis yang sering beraksi dari kediaman yang sangat megah tapi kita melihat se akan akan tak mewah.

Kita sudah banyak merugi dari lalai yang begini bahkan hampir tertindas mati demi melawan korupsi. Sedikit untaian kekecewaan dari saya yang harapan dari saya begitu besar dan mimipi begitu luas melampau ke atas saya lah mahasiswa sang pemimpi penindak korupsi.

Kita sudah melihat begitu jelas fakta-fakta untuk menyengat marwah bangsa, dan keadilan-keadilan dengan ragam kasus yang terjadi, korupsi tindak kriminal, paranisme, bahkan masih banyak yang lain lagi hingga tak tersebutkan lagi dari kata-kata kami sang penghuni bangsa.

Sebagai bangsa yang di anggap memiliki identitas bersama dandan mempunyai kesamaan bahasa, idiologi, budaya, dan sejarah kita perlu melakukan revolusi mental lewat pendidikan untuk memperbaiki karakter bangsa, dan menyuburkan kembali karakter orisinal bangsa yakni menciptakan nilai-nilai semangat juan optimisme, kerja keras, dan memperkuat tatanan kehidupan, bangsa dan negara. Berdasarkan UUD 19945 serta memperkokoh karakter  bangsa sehingga membuat rakyat sejahtera, revolusi mental yang di maksud adalah merubah sudut pandang kebiasaan yang di lakukan mayoritas dan dianggap benar dan menjadi sesuatu yang dianggap kebenaran hakiki.

Budaya indonesia yang sarat dengan kearifan lokal dan di ajarkan secara turun temurun, nampaknya tidak begitu memiliki pengaruh yang begitu besarsaat ini. Tindak korupsi yang begitu sering kali terjadi dan merugikan orang lain di lakukan oleh meraka tampa mengenal batasan kelas sosial. Mulai dari mereka yang naik mobil mewah, barang-barang pribadi yang begitu megah hingga pengemis yang berjuang mencari nafkah demi sesuap nasi agar dapat hidup kembali di esok hari deagan senang hati sang pencinta korupsi menggigit sampai ke umbi-umbi, perlu di ingat korupsi tidak melulu tentang materi tapi bagai mana kita berani mengirentegriti.

Dari apa yang kita rasakan selama ini ada bebrapa nilai yang harus kita tanamkan agar dapat terbentuknya generasi anti korupsi.

  1. Kesederhanaan

Kesederhanaan itu penting, bukan berarti kita tidak boleh menikmati karunia yang di berikan tuhan. Tapi harus ada batasan-batasan yang membuat diri kita agar tidak terlena dari karunia sang pengasih, membiasakan diri hidup sederhana di mulai dari perkataan, tingkah laku dan dalam pergaulan agar sikap hidup yang utama menjadi pangkal keselamatan kita. Hidup sederhana artinya hidup dalam ukuran atau kadar yang wajar, tidak melebihi dan tidak mengurangi. Dengan sikap sederhana kita dapat lebih menghargai hal-hal kecilyang kita miliki, lebih dapat bersyukur atas segala keadaan apa yang ada, dan sangat diharapkan rasa empeti yang tumbuh dapat menjadi modal awal kita agar dapat berguna bagi sesama.

  1. Menghargai

Menghargai adalah slah satu bentuk yang di mana suatu proses (Kerja keras, Disiplin, Sabar, Mandiri ). Sistem pendidikan di indonesia mengajarkan kita untuk menguasain semua  pelajaran, itu adalah slah satu rancangan kurikulum pendidikan  untuk mendapatkan nilai yang tinggi juga tidak kalah gencar  di suarakan oleh para pendidik dan orang tua. Sistem yang ada, orang tua yang absen dalam memberikan solusi, tidak jarang bagi siswa mencari jalan pintas untuk memuaskan guru dan orang tua dengan segala tuntutanya . salah satunya orang tua saya yang tidak pernah memaksakan saya untuk mendapatkan nilai akademik yang bagus . namun hal ini bukan berarti saya sebagai anak tidak lagi memiliki semangat untuk berprestasi, justru saya menjalani berbagai proses dengan tenang tanpa tuntutan berlebihan karna berprestasi bukan karen takut.

  1. Menamkan nilai kejujuran

Secara logika semua orang akan tau dan setuju bahwa kejujuran adalah hal yang mutlak dan harus di miliki oleh setiap orang, namun sayang tidak semuanya berani berkomitmen menanamkan kejujuran di setiap prilakunya. Keteguhan kita seringkali luntur ketika kita dalam kondisisalah dan mendesak namun kita harus menanam kan toleransi untuk ketidak jujuran dan kita harus benar benar tidak menanamkan istilah “ bohong putih “ yaitu berbohong demi kebaikan.

Generasi anti korupsi pasti rela berkorban nyawa demi menagakkan panji-panji kemerdekaan di tanah indonesia dan tidak heran pahlawan-pahlawan nasional berani mengangkat senjata demi melawan penjajah. pahalwan nasional berasal dari kalangan militer, namun sekarang bukan Zamanya lagi lalu versi pahlawan apa yang di butuhkan bangsa indonesia saat ini ?  pastinya pahlawan persi modren pahlawan persi modren yang mana mereka berani mengatakan tidak  pada korupsi, itulah yang sangat di butuhkan indinesia pada saatn ini.

Mengacu pada target menciptakan generasi anti korupsi hendaklah di disain secara moderat dan tidak  indoktratif. Menciptakan generasi anti korupsi merupakan warga dan negara untuk turut serta memikirkan masa depan bangsa dan negara ini kedepannya, terutama dalam memberantas korupsi sampai keakar akarnya dari bumi indonesia. Salah satu nya menciptakan pendidikan anti korupsi agar dapat bermakna penting bagi kita semua agar tidak cenderung beranggapan bahwa generasi anti korupsi hanyalah kepentingan politik semata.

Harus di ketahui bahwa terkadang korupsi ini seperti bola salju, sekali menggulir dan akan terus membesar dan terus melaju, tak bisa perlawanan di lakukan orang perorang, atau hannya menggantung kan diri dengan kpk yang berjuang. Jika kita mendengar kata korupsi yang terbenak di dalam fikiran kita adalah mereka yang melakukan korupsi hanya dalam posisi jabatan tertinggi di dalam pemerintahan, akan tetapi makna korupsi tidak hanya itu saja korupsi dapat dikatakan dengan menyalah gunakan kepercayaan publik yang di kuasai oleh mereka untuk mendapat kan ke untungsn sepihak. Kita juga tahu bahwa tidak hannya dalam pemerintahan saja yang melakukan tindakan korupsi, contoh kecil dalam kalangan pelajar yang melakukan contok mencotek adalah salah satu tindakan pelajar yang di anggap korupsi.

Jika kita melihat kasus korupsi, kasus korupsi telah ada sejak era pra kemerdekaan atau sebelum indonesia di waenai oleh budaya, tradadisi korupsi yang tiada henti karana didorong oleh motif kekuasaan, kekayaan dan wanita tiada henti. Salah satu kasus korupsi yang terkenal adalah kasus gayus tambunan. Gayus tambunan adalah pegawai negeri sipil di rektorat jendral pajak kementerian keuangan indonesia. Namanya menjadi terkenal setalah mengetahui uang yang di korupsi nya sekitar 25 miliar plus uang asing senilai 60 miliar dan perhiasan senilai 14 miliar di brangkas bank atas nama istrinya.

Mengigat akan kasus gayus tambunan tersebut kita harus memikirkan generai anti korupsi, bagai mana cara menanggulangi banjir korupsi yang marak terjadi di indonesia. Namun sebagai kapasitas saya sebagai mahasiswa, menurut saya hal yang sangat efektif di lakukan dalam perguruan tinggi mencegah munculnya bibit bibit komponen kampus mulai dari  Dekan, wadek, dosen, bahkan hingga ke rektor pemimpinnya untuk menganti midasi munculnya kasus-kasus di kemudian hari saya sebagai mahasiswa ingin memulai dari tingkat yang paling dasar yaitu :

  1. Mengajak para pelajar untuk menegakkan kejujuran dalam berbagai situasi dan kondisi. Khusus bagi pelajar, jujur dalam mengerjakan tugas, jujur saat ulangan bahkan ujian
  2. Membiasakn untuk terbuka atau transparan dalam mengelola keuangan sekolah, maupun yang di kelola keuangan pelajar lainnya seperti sumbangan teman pelajar nya sakit, tabungan seklah perlokal atau iuran pelajar.
  3. Senantiasa meningkatkan kualitas iman taqwa dengan melakukan berbagai aktivitas yang positif atau pun yang bersifat icidental karna yakin dengan keimanan dan taqwa dapat menjauhkan kita dari perbuatan tercela.

Dengan adanya penerapan nilai-nilai pendidikan anti korupsi baik itu di kalangan pelajar ataupun mahasiswa di sekolah maupun di perguruan tinggi salah satu upaya mewujudkan harapan indonesia bebas korupsi. Dengan bakal tersebut generasi kita akan siap ketika memasuki dunia kerja  sebenarnya, memnag penarapan hal di atas tidak bisa secara instan dan memrlukan proses panjang. Memang terasa sulit mewujudkan indonesia bebas korupsi untuk beberapa tahun kedepan. Akan tetapi kita bisa menyiapkan generasi kita dari sekarang untuk menjadikan indonesia bebas korupsibebas disini berarti bukan 100% bersih karena kenyataannya kejahatan itu akan selalu ada. Setidaknya harapan indonesia bisa melangkah lebih maju. Sebisa mungkin kita memilih peminpin yang amanah dan benar benar fokus pada kesejahteraan masyarakat  maka pada ciri tersebut ada pada khalifah umar bin khatab. Umar bin khatab selalu mementingkan kepentingan masyarakat ketimbang dirinya tersebut, maka kitalah yang harus pandai-pandai menentukan siapa yang pantas menjadi peminpin kita agara dapat memenuhi harapan bangsa kita dan juga harapan kita.

 

 

Biodata penulis

BIODATA PENULIS OPINI

NAMA : PATDLI IRSAN

TEMPAT TANGGAL LAHIR: MEDAN-BELAWAN, 16 07 1998

ALAMAT ASLI  : KUTACANE, ACEH TENGGARA

ASAL PERGURUAN TINNGI : UNIVERSITAS NEGERI SUMATERAUTARA

 JURUSAN : SEJARAH PERADABAN ISLAM

SEMESTER : SEMESTER II

ORGANISASI YANG DI IKUTI : SPMA SUMUT, HMI, DEMAF FIS UINSU, HMJ PRODY SEJARAH UINSU

About the author

mustakim mustakim

mustakim mustakim

Add Comment

Click here to post a comment