Anti Korupsi Profil

Basmi Koruptor Selamatkan Masa Depan Penerus Generasi Bangsa

Basmi Koruptor Selamatkan Masa Depan Penerus Generasi Bangsa

*Sayed Chairul Raziq Al Aydrus

Membicarakan korupsi di Indonesia tak lepas dari yang namanya KPK ( Komisi Pemberantasan Korupsi ). Karna korupsi di Indonesia sudah terjadi sejak zaman orde lama, seakan Indonesia tidak bisa menghilangkan para penjabat publik yang melakukan tindakan korupsi ini, hukum penjara pun tak juga membuat jera para tikus berdasi. KPK pun banyak di dukung masyarakat Indonesia, KPK pun sudah memperbaiki sistemnya yang dulu, namun peran dari masyarakat itu juga sangat diperlukan dalam memberantas korupsi. Tapi menurut saya yang sangat diperlukan adalah pemimpin yang mempunyai iman, tanggung jawab, keadilan, ketegasan dalam bersikap, menjalankan amanah dengan baik, dan bijaksana mungkinkah ada pemimpin seperti itu ???.

Kalau kita berbicara tentang pembahasan masalah  kasus korupsi di Indonesia itu tidak akan pernah ada ujungnya, pemain lama tertangkap muncul lagi pemain baru yang mulai berulah, hal ini sangat disayangkan karena kasus korupsi di Indonesia yang tidak ada habisnya. Sebelum kita membahas secara panjang lebar mengenai korupsi, kita harus mengetahui apa pengetian dari korupsi itu sendiri. Korupsi adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Orang yang melakukan tindakan korupsi disebut koruptor atau bahasa lainnya sering disebut juga tikus kantor atau tikus berdasi. Dikarenakan hal ini, kita semua harus sama-sama memerangi tindakan yang salah ini, tidak hanya KPK serta aparat negara lainnya yang mempunyai wewenang akan hal ini yang bertanggung jawab atas kasus korupsi ini, semua warga negara republik Indonesia juga bertanggung jawab atas tindakan ini dan berupaya untuk menghindarinya sejak dini dan sekecil apapun tindakan itu. Dikarenakan bila sudah melakukan tindakan yang kecil maka tidaklah luput juga untuk melakukan tindakan yang besar. Untuk itu kita bisa memulainya dengan memberikan pembelajaran larangan keras akan korupsi terutama sekali terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, serta masyarakat yang berada dilingkungan kita, agar generasi penerus bangsa ini terhindar dari tindakan yang seperti ini.

Korupsi kini merajalela di negara kita Indonesia, kerugian yang dialami negara kita tidak lah sedikit akibat kasus korupsi ini, belum lagi ditambahnya hutang negara yang kian melonjak dari tahun-tahun sebelumnya hingga sekarang ini. Kapan negara ini bisa maju kalau keadaan negara kita sekarang seperti ini ???, jawabannya bisa anda renungkan sendiri, hal ini tidak dapat dipungkiri dari negara kita, malah bisa dikatakan tindakan korupsi ini sudah menjadi budaya bagi penjabat publik dari tahun ke tahun di negara ini, banyak orang ingin menjadi penjabat publik bukan untuk membangun negara menjadi lebih baik lagi kedepannya akan tetapi hanya ingin kekayaan semata, itulah yang menjadi pendorong mengapa kebanyakan penjabat publik melakukan tindakan korupsi, baik dalam jumlah yang banyak sampai triliyunan maupun dalam jumlah yang sedikit kisaran puluhan juta sampai kisaran ratusan juta.

Apa kabar Indonesia ! negara yang kini terombang ambing, penjabat publik yang tidak bermoral dan tidak beriman berkuasa, korupsi kian merajalela, rakyat pun menjadi sengsara. Kasus korupsi di Indonesia seharusnya bisa menjadi sorotan bagi semuanya, terutama kita para pemuda penerus generasi bangsa ini kedepannya. Pelaku korupsi mempunyai latar belakang yang beragam untuk melancarkan aksinya. Banyak modus-modus tertentu dalam pelaksanaanya, apalagi sekarang tahun 2018 kini banyak terungkap permainan-permainan kotor para penjabat publik negara kita, satu tertangkap, kasus lainpun mulai terungkap secara bertahap dan berantai, melakukan tindakan yang tidak sendiri namun melibatkan orang lain juga agar permainan kotornya bisa tertutupi dari sorotan semua mata rakyat Indonesia, sangatlah hebat para koruptor di Indonesia sekarang. Ide demi ide serta banyak gagasan yang dikeluarkan agar permainannya tidak diketahui oleh mata publik, banyak juga yang dijadikan kambing hitam olehnya agar semua permainannya tersusun rapi tak terlihat oleh siapapun.

Pemerintah Indonesia telah berusaha menghentikan kasus korupsi ini dengan berbagai cara akan tetapi tetap saja masih banyak koruptor-koruptor yang masih melakukan aksi ini. Sebaiknya pemerintah bukan hanya menangkap serta menghukum mereka akan tetapi, pemerintah harus mulai mencabut akar-akar yang melakukan tindakan korupsi. Kemudian, salah satu faktor yang menjadi kendala untuk mengungkapkan banyaknya permainan kotor para penjabat publik ini ialah karena uang suap, baik dalam jumlah yang sedikit maupun jumlah yang banyak, sekarang siapa salah ???, yang menerima suap atau yang melakukan tindakan korupsi. Sangat memprihatinkan keadaan negara kita Indonesia sekarang, seharusnya penjabat publik bisa menjadi contoh teladan yang baik bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama kepada para penerus generasi bangsa yang akan memegang negara ini kedepannya, mereka harus menjadi panutan yang semestinya kita berikan apresiasi karena kegigihan, usaha, ilmu, serta kerja keras mereka sehingga mereka bisa menjadi penjabat publik di negara kita ini, tapi sangat disayangkan semua itu malah sebaliknya, kita menjadi benci terhadap para penjabat publik yang seperti ini, mereka adalah tikus-tikus licik yang berdasi, berpakaian rapi, naik mobil mewah, memiliki rumah yang besar, tanah yang banyak, tapi itu semua hasil dari  korupsi. Bila kita berfikir secara logika dengan keadaan negara kita sekarang ini, para koruptor sekarang adalah para penjajah Indonesia secara tak kasat mata, mengapa saya mengatakan demikian ???, jawabannya dikarenakan mereka cukup merugikan negara Indonesia, baik dari segi keuangan, maupun dari segi martabat negara ini, karena kita akan malu terhadap negara-negara tetangga bahwa banyak sekali koruptor-koruptor yang berasal dari negara Indonesia, yang anehnya lagi para koruptor-koruptor ini adalah orang-orang yang berpendidikan bagus, orang-orang yang mempunyai pemikiran yang cerdas, orang-orang yang punya wawasan luas, orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sangat baik untuk sedikit demi sedikit membangun NKRI ini menuju kejayaan, orang-orang yang sangat dibangga-banggakan para masyarakat Indonesia, tapi itu semua tidak bernilai ketika mereka melakukan tindakan yang memalukan seperti ini, mereka menghancurkan negara mereka sendiri secara perlahan, mereka adalah penjajah negara mereka sendiri. Orang-orang hebat, mempunyai kemampuan untuk membangun Indonesia menjadi lebih berjaya lagi dari sebelum-sebelumnya tapi semua kemampuan mereka itu tidak mereka gunakan ke hal yang semestinya, mereka malah menggunakan itu kepada hal yang bertentangan dari yang sebenarnya.

Selanjutnya yang menjadi perbincangan hangat sebagian besar masyarakat sekarang adalah untuk hukuman pidana korupsi yang berjalan di negara Indonesia sekarang, banyak yang mengatakan itu bukanlah hukuman, mereka adalah para koruptor yang semena-mena menggelapkan uang negara tanpa memikirkan dampak bagi kehidupan rakyat Indonesia yang lainnya tapi diberikan penjara dengan fasilitas layaknya hotel berbintang, akan tetapi seseorang yang mencuri sandal swallow polisi pada tahun 2015 malah dipukul dan dihajar babak belur setengah mati oleh aparat kepolisian serta masyarakat, seorang nenek mencuri kayu-kayu tua yang sudah berjatuhan di tanah hutan milik negara pada tahun 2017  malah diberikan sanksi yang tak semestinya diberikan, dia hanya mencuri kayu yang sudah tergeletak jatuh di tanah untuk memasak air, bukan memotong atau menebang kayu yang masih tumbuh subur di tanah hutan milik negara, secara logika lebih banyak kerugian negara yang dialami ketika terjadi kasus korupsi atau ketika seorang nenek mencuri kayu-kayu tua yang tergeletak di tanah hutan milik negara ???, seharusnya hal ini harus menjadi sorotan semua mata public terutama kita pemuda penerus generasi bangsa kedepannya, bias menjadi contoh kepada kita agar kita terhindar dari tindakan yang seperti ini, dimana keadilan di Indonesia sekarang, yang melakukan kejahatan kecil diberikan sanksi berat sedangkan para Koruptor yang sangat merugikan negara Indonesia baik dalam bidang keuangan maupun nama baik negara Indonesia ini diberikan sanksi yang cukup ringan bila dilihat dari apa yang telah mereka  perbuat dan lucunya lagi mereka dipenjara di tempat yang berfasilitas  layaknya hotel berbintang, keren kan para koruptor di Indonesia, mungkin inilah salah satu faktor juga yang memicu terjadinya tindakan korupsi yang dilakukan oleh penjabat publik di negara ini secara terus menerus dari tahun ke tahun dan belum bisa diredamkan, mereka berfikirnya ” ngapain takut toh sanksinya biasa aja, serta penjaranya seperti hotel berbintang, ya mendingan lah sekalian buat istirahat sejenak untuk beberapa saat ! “. Di China orang yang terbukti melakukan tindakan korupsi maka dia di hukum mati memang China adalah negara komunis namun akan baik jika kita melihat hukum di China ini, karna kasus korupsi di Indonesia sudah semakin menjadi-jadi rakyat pun menjadi semakin sengsara.

Jadi mari kita renungkan bersama wahai pemuda penerus generasi bangsa ini, mengapa banyak terjadi kasus korupsi di negara kita Indonesia, mengapa setiap tahunnya banyak penjabat publik yang terjerat kasus korupsi, apakah kita pernah memikirkan hal ini, ini bisa menjadi pertanyaan dan bahan renungan untuk kita bersama, saya juga menginginkan agar hukuman kepada para koruptor ini ditingkatkan lagi supaya semua penjabat publik takut untuk melakukan tindakan ini dikarenakan mereka tau bagaimana resiko yang akan mereka hadapi jika mereka ketahuan melakukan tindakan korupsi ini oleh KPK dan aparat negara lainnya yang berwenang. Semoga kedepannya kita para pemuda penerus generasi bangsa, para pemuda yang bisa diandalakan oleh negara tidak melakukan tindakan seperti ini jika kita nantinya menjadi penjabat publik, jadilah pemimpin yang bermoral, bermartabat, bertanggung jawab, adil, mampu, bijaksana, terhindar dari tindakan korupsi ini, dan tentunya menjadi  pemimpin yang beriman. Saya yakin jika semua para penjabat publik menanamkan hal.ini didalam dirinya maka tidak akan terjadi lagi tindakan memalukan yang seperti ini. Mari kita bangun kembali Indonesia untuk bangkit dan maju, kita pemuda penerus generasi bangsa kedepannya harus bisa belajar dari masa lalu agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi. Indonesia pasti Bisa

 

 

Tentang Penulis

IDENTITAS PENULIS

Nama                                                     : Sayed Chairul Raziq Al Aydrus

Tempat/Tanggal Lahir                       : Lhoksemawe, 26 Mei 2000

Alamat                                                  : Pante Lhong-Kec.Peusangan, Bireuen

Umur                                                      : 18 Tahun

Pekerjaan                                              : Pelajar

Asal Sekolah                                        : Alumni Man 3 Bireuen Tahun 2018

No HP                                                    : 085249514771

No Whatapps ( WA )               : 082237649031

 

 

About the author

mustakim mustakim

mustakim mustakim

Add Comment

Click here to post a comment